Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Akankah Para Dewa Yunani Dapat Menolong Kebangkrutan Negaranya ?

Akankah Para Dewa Yunani Dapat Menolong Kebangkrutan Negaranya ?

Ternyata para dewa Yunani belum bisa menyelamatkan negaranya dalam keterpurukan ekonomi yang nyaris bankrut. Yunani akan melaksankan referendum untuk menentukan diterima atau tidak pinjaman yang akan diberikan oleh Bank Sentral Eropa pada hari Senin besok (6/7/2015).

Namun tetap saja sistem perbankan Yunani kemungkinan masih membutuhkan suntikan dana segar pada Senin setelah referendum dilaksanakan.

Bank Sentral Eropa (European Central Bank / ECB) berencana meningkatkan bantuan likuiditas darurat (Emergency Liquidity Assistance /ELA) terhadap bank-bank yang ada di Athena pada hari yang sama.

Terkait referendum, Wakil Presiden ECB Vitor Constancio mengatakan hal tersebut relevan dengan analisis dan keputusan bank sentral secara eksklusif.

Dia menambahkan, referendum akan mempengaruhi terjadinya persetujuan antara Yunani dan negara anggota lainnya terkait bantuan keuangan.

Jika para pemilik suara lebih memilih untuk menolak proposal yang diajukan oleh kreditur, maka persetujuan yang diraih dapat lebih sulit lagi. Namun jika hasilnya “Iya, maka sebaliknya,” tambah Constancio.

Cadangan likuiditas perbankan Athena kemungkinan hanya sampai seminggu kedepan, berdasarkan salah seorang sumber yang mengetahui kondisi likuditas perbankan.

Sumber tersebut menambahkan “Otoritas mungkin perlu mempertimbangkan pembatasan lebih lanjut terhadap penarikan uang tunai setiap harinya jika jumlah yang keluar referendum dilaksanakan,”.

Bank Sentral Yunani menolak untuk memberikan komentarnya terkait prospek perbankan Athena dan tidak menanggapi informasi yang diterima terkait hal tersebut.

Setelah ECB membatasi bantuannya terhadap perbankan Yunani menyebabkan cadangan likuiditas melemah dan pemerintah melakukan kontrol modal dan para pemilik tabungan dibatasi dalam mengambil uang yang dimilikinya melalui anjungan tunai mandiri (ATM) tidak lebih dari 60 euro atau US$67 per hari.

Melihat kondisi negaranya, Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengatakan negaranya putus asa terhadap keinginannya tetap berada di Zona Euro. Pada saat bersamaan, akan melakukan kampanye untuk mengingatkan masyarakat bahwa proposal kreditur mengharuskan Athena melakukan penghematan. Oleh karena itu, pada Kamis silam, dirinya lebih memilih untuk memotong tangannya dari pada menandatangani kesepakatan yang gagal merestrukturisasi Utang Yunani.

Pada saat ini empat bank terbesar di Athena telah gagal dan juga akan default, karena penarikan simpanan yang terjadi dalam jumlah besar (rush).

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...