Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Akhirnya, Negeri ini Punya Kapal ‘Tol Laut’

Akhirnya, Negeri ini Punya Kapal ‘Tol Laut’

kapal tol laut 1

Dalam rangka menjadikan Indonesia sebabagai poros maritim dunia, Presiden RI Joko Widodo membuat program tol laut. Konsep ini sekarang mulai terealisasikan. Ini dibuktikan dengan diresmikannya kapal tol laut pertama di Indonesia pada hari Rabu (6/5) kemarin.

Kapal tol laut pertama diresmikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dengan trayek Pelabuhan Panjang, Lampung-Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dan sebaliknya

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengungkapkan,”Dengan adanya layanan tol laut ini dari Pelabuhan Panjang-Tanjung Perak, diharapkan dapat mengurangi beban jalan raya terutama di wilayah Pantura.”

Saya berpikir, sambungnya, sesuai program nasional biaya logistik harus turun semaksimal dan secepat mungkin.

Jonan berharap perusahaan dapat membuat jadwal pelayaran dengan tetap dan teratur.

“Tantangan tol laut adalah jadwal, makin tidak tetap makin sulit berkompetisi,” katanya.

Layanan tol laut perdana ini menggunakan kapal Roro penumpang milik PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP). Kapal dengan nama KM Mutiara Persada III.

Menurut Direktur Utama PT ALP Ryan Bernandus,”Operasional kapal ini dalam rangka menyukseskan program Tol Laut yang merupakan program unggulan Pemerintah saat ini.”

Kapal yang dioperasikan sendiri, punya bobot 15.000 GT dengan panjang 151,3 meter. Tempat parkir kendaraan di kapal ini dibuat 3 tingkat, sehingga mampu mengakomodasi 150 unit truk besar dan 587 unit mobil berukuran kecil atau 50 truk kecil.

Kapal ini juga mampu mengakomodasi penumpang hingga 500 orang.

Ryan Bernandus menuturkan kalau pihaknya membeli kapal ini dengan harga lebih dari Rp 100 miliar.

“Kapal ini dibuat di Jepang tahun 1991,” kata Ryan di Pelabuhan Panjang, Lampung, Rabu (6/5/2015).

Dengan ship perjalanan 3 kali dalam satu pekan, kapal ini beroperasi tetap dan berjadwal, sehingga ada atau tidak ada muatan dan penumpang, kapal harus tetap berangkat.

“Kita liner tetap dan teratur, mau muatannya hanya 10, mau tidak ada muatan itu tetap berangkat,” ungkap Ryan.

Seperti diketahui, Pemerintah semakin serius untuk memperkuat sektor maritim Indonesia. Salah satunya dengan membangun dan merevitalisasi pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.

Secara total, akan ada 24 pelabuhan yang akan ditingkatkan (upgrade) kapasitasnya dan dibangun pelabuhan baru. Diantara 24 pelabuhan tersebut, terdapat 5 pelabuhan laut dalam yang akan dibangun.

Pelabuhan-pelabuhan tersebut, nantinya akan dikembangkan untuk mendukung program tol laut.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...