Home / Berita / Akhirnya Spesialis Pembunuh Blogger Itu Berhasil Ditangkap polisi

Akhirnya Spesialis Pembunuh Blogger Itu Berhasil Ditangkap polisi

para blogger yang dibunuh di Bangladesh
para blogger yang dibunuh di Bangladesh

Kepolisian Bangladesh akhirnya berhasil meringkus dua pelaku pemenggalan kepala blogger ateis, Niloy Neel yang selama ini meresahkan warga di negara itu dan juga di India.  Kedua pelaku merupakan anggota kelompok Ansarullah Bangla Team, yaitu kelompok militan yang diduga terkait dengan serangkaian pembunuhan terhadap empat blogger sekuler sebelum kasus Niloy Neel.

Menurut keterangan kepolisian Bangladesh, pelaku yang sebenarnya  ada sekitar enam orang. Mereka memasuki rumah Neel dan berpura-pura ingin menyewa. Setelah membekap korban, dua pelaku membawanya masuk ke dalam kamar lalu membantainya disana.

Ia meniggal setelah kepalanya dipenggal di rumahnya di Goran, Kota Dhaka,” ujar wakil  komisaris polisi Munthashirul Islam seperti dilansir dalam laman BBC, Jumat (14/8).

Pimpinan jaringan blogger Bangladesh Blogger and Activist Network, Imran H Sarkar membeberkan bahwa Niloy Neel adalah penulis yang aktif menentang fundamentalisme dan ekstrimisme serta suara bagi hak kelompok minoritas, terutama hak wanita dan penduduk pribumi.

Sebelumnya, kasus yang dialami oleh Neel ini juga sudah pernah terjadi pada blogger sekuler bernama Ananta Bijoy Das yang tewas setelah dibunuh sejumlah pria bersenjata parang di Sylhet pada Mei lalu.  Sebelum dibantai, dia membeberkan menerima ancaman kemarian dari kelompok militan. Kemudian pada satu bulan sebelumnya, Maret, blogger bernama Washiqur Rahman yang dibunuh. Kepalanya juga dipenggal di Dhaka.

Pada bulan Februari, kelompok militan membunuh blogger bernama Avijit Roy di Dhaka. Ia dibantai karena beraliran ateisme dan homoseksual.

 

Baca Juga

Jangan Beli Pesawat yang Senjatanya Hanya Pura-pura

Yogyakarta – Wilayah Indonesia yang sangat luas harus selalu dijaga dan saat ini disebutkan ancaman ...