Home / Bola / Akhirnya Terbongkar…Ini Dia Kunci Rahasia Suksesnya Leicester City di Premier League

Akhirnya Terbongkar…Ini Dia Kunci Rahasia Suksesnya Leicester City di Premier League

leicester

Claudio Ranieri membeberkan rahasia sukses dalam melatih Leicester City sehingga dapat menjadi pemuncak klasemen Premier League hingga pekan ke-25 musim ini.

Ranieri sendiri mengawali kariernya di King Power Stadium pada bulan Juli lalu. Dirinya sempat diragukan sebab ia sudah terbukti tidak mampu memberi gelar apapun ketika melatih Chelsea selama empat tahun.

Namun saat bersama The Foxes, Ranieri menyita perhatian karena dengan tim yang musim lalu terancam degradasi, musim ini berubah muka menjadi kandidat kuat sebagai juara Premier League untuk pertama kalinya.

Berbicara kepada Corriere della Sera, Ranieri menjelaskan apa saja yang dilakukan bersama Leicester sejauh ini.

“Ketika saya datang pada bulan Agustus, saya mulai melihat semua video pertandingan dari musim lalu. Ketika saya bicara dengan pemain saya tahu mereka takut dengan taktik ala Italia,” kata Ranieri.

Dengan demikian, Ranieri tak mau menerapkan gaya permainan Italia bersama Leicester. Kemudian ia memakai pendekatan berdasarkan karakter tim yang ia miliki. Ia juga mengaku jarang membicarakan soal taktik dengan para pemain.

Ranieri pun membicarakan soal cara latihan yang ia terapkan. Ia menjelaskan harus mengatur latihan untuk menjaga kondisi fisik pasukannya mengingat jadwal di Inggris yang padat.

“Pemain saya banyak berlatih, tapi tak terlalu lama. Di Inggris, setiap pertandingan selalu membutuhkan intensitas tinggi. Mereka butuh waktu cukup untuk memulihkan tenaganya,” paparnya.

Tidak hanya soal latihan, Ranieri pun memperhatikan porsi makan pemainnya. Ia punya sistem unik untuk program diet pemain.

“Terkadang kami duduk satu meja untuk makan malam dan saya khawatir porsi makan mereka. Saya tak pernah melihat mereka lapar. Pada mulanya saya terkejut, kemudian saya belajar tersenyum. Jika mereka bisa melaju dengan baik, mereka bisa makan sesukanya,” ungkap Ranieri.

Ranieri pun menyatakan soal pentingnya bersenang-senang dalam tim. Ia tak ingin memberikan tekanan pada pemain.

“Kami hanya bersenang-senang. Mereka harus rileks dan tak perlu terburu-buru,” imbuhnya.

 

 

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...