Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Akhirnya Terkuak, Misteri Senyuman di Lukisan Mona Lisa

Akhirnya Terkuak, Misteri Senyuman di Lukisan Mona Lisa

misteri-senyum-monalisa-terbongkar-162686-1

Siapa yang tahu dengan Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. Lukisan yang satu ini seolah tak ada habisnya untuk terus dibahas dari berbagai aspek, termasuk dari para peneliti dan pecinta seni.

Belum lama ini sebuah studi yang meneliti karya abad 15 tersebut mengungkapkan misteri di balik senyuman Mona Lisa.

Ekspresi misterius di lukisan Mona Lisa memang tak bisa dibantah telah menarik dunia. Namun ternyata senyuman itu bukan satu-satunya yang pernah dibuat da Vinci. Sebelum Mona Lisa, ada sebuah lukisan ‘La Bella Principessa’ yang juga menggunakan trik senyuman yang sama.

Teknik itu sendiri bernama ‘sfumato’ dan sudah banyak dipakai oleh seniman Renaissance lainnya.

Peneliti Alessandro Soranzo dan Michelle Newberrry dari Universitas Sheffield Hallam menulis dalam sebuah makalah ‘Vision Research’.

“Senyuman itu akan cepat menghilang jika dilihat dari sudut yang tidak tepat. Ilusi visual bernama uncaychable smile ini sangat menarik untuk diteliti,” demikian ungkapannya seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (21/8).

Mereka para peneliti meneliti lukisan Mona Lisa, La Bella Principessa, dan karya potrait lainnya di era yang sama. Contohnya saja ‘Girl’ yang dilukis Piero del Pollaiuolo yang dibuat pada 1470 silam.

“Mengingat teknik yang dipakai da Vinci dan ambiguitas yang sengaja dibuatnya. Itu yang membuat Mona Lisa tertarik,” jelas Soranzo.

Para ahli pun mengemukakan pendapatnya bahwa percampuran warna untuk mengeksploitasi visi perifer, bentuk mulut dan subjek. Serta berhasil membentuk perspektif yang sangat tajam.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...