Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bola / Akhirnya Terkuak…Ini Dia Sosok Yang Bikin China Super League Makin Panas dan dipandang Dunia

Akhirnya Terkuak…Ini Dia Sosok Yang Bikin China Super League Makin Panas dan dipandang Dunia

CSL

 

Akhir-akhir ini dunia sepakbola tertuju ke negara China. Ya, negara ini ternyata mulai menggeliat sepakbolanya, khususnya liga.

Tahukah anda berapa total jumlah belanja klub-klub China pada bursa transfer musim dingin kemarin? Ternyata nyaris sama dengan total belanja klub-klub Liga Inggris!

Lalu, siapakah tokoh dibelakang suksesnya China Super League?

Seperti diketahui kalau sepak bola tidak pernah lepas dari dunia bisnis di sebuah negara. Di China, perekonomian mereka yang pesat membuat banyak pengusaha mau mengucurkan dana untuk menginvestasikan uang berlimpah untuk China Super League. Namun siapa yang bisa membuat semua ini terjadi?

Ya, dia adalah sang Presiden, Xi Jinping. Sosok pria ini tak lain karena ia juga adalah penggemar olahraga. Sang Presiden ingin membuat China Super League dan sepak bola di China  menjadi nomor satu di dunia, Ia juga ingin menjadikan China sebagai tuan rumah Piala Dunia dan sekaligus menjadi juara. Tentu sebuah mimpi yang selalu ada di angan angannya.

Kalau sebelumnya, seperti halnya MLS di Amerika, klub-klub China hanya mampu memboyong pensiunan bintang internasional dan menjadikan liga mereka seperti panti jompo bagi pemain top yang sudah uzur. Dan mereka hanya mampu mendatangkan pemain dengan usia 30 tahun ke atas alias sudah habis masa jayanya.

Kini, sang Presiden tidak tanggung-tanggung soal sepak bola. Disamping membuka keran dana bagi klub, ia juga mendirikan puluhan ribu sekolah sepak bola dan menjadi sepak bola sebagai olahraga wajib bagi pelajar SD dan sekolah menengah.

Oleh karena keseriusan sang presiden, maka investor pun berdatangan dan mau mengucurkan dana lebih banyak lagi.
Ini seperti menjadi mandat presiden, dan ternyata disambut positif oleh para investor.

Tentu yang lebih mencengankan lagi belanja klub China diambil dari data Transfermarkt, nyaris mendekati biaya belanja klub-klub Liga Inggris Premier League saat bursa transfer musim dingin lalu.

Total semua klub yang tergabung di China Super League sudah menggelontorkan dana sebesar 3,8 trilyun rupiah. Sementara klub-klub Inggris menggelontorkan dana sebesar 4,4 trilyun rupiah sebelum bursa transfer Eropa ditutup pada hari Senin lalu.

Dibandingkan liga lain, total belanja klub divisi dua Liga China mampu mengungguli kompetisi Bundesliga (Jerman), La Liga (Spanyol), dan Ligue 1 (Prancis).

Bukan hal yang mengagetkan kalau juara bertahan Liga Champions Asia dan Liga Super China, Guangzhou Evergrande, mampu memboyong penyerang Atletico Madrid, Jackson Martinez, dengan nilai 42 juta euro atau setara Rp 637 miliar dan menjadikannya rekor transfer pada musim dingin 2016.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

berita-terkini-aff-2016-boaz-tinggalkan-pelatnas-timnas-kenapa

Berita Terkini AFF 2016: Boaz Tinggalkan Pelatnas Timnas, Kenapa?

“Boaz memang pulang ke Jayapura, karena ada pernikahanan keluarganya” kata Alfred Rield kepada wartawan. Seperti ...