Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Akhirnya Terungkap Sosok yang Membantu Melejitkan Karier Politik Jokowi, Ini Dia Orangnya

Akhirnya Terungkap Sosok yang Membantu Melejitkan Karier Politik Jokowi, Ini Dia Orangnya

Presiden_Jokowi

Sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) kariernya melejit pesat seolah tak terbendung. Berawal menjadi Walikota Solo kemudian duduk sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi orang nomor satu di negeri ini.

Dengan karir yang begitu mengkilap, apakah ada orang dibalik layar yang ikut membantunya?

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo buka suara mengungkapkan sosok yang membantu melejitkan karier politik Presiden Jokowi. Sosok tersebut adalah Andrinof Chaniago yang saat ini menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Kepala Bappenas).

Dituturkan oleh Tjahjo, jelang bergulirnya Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Andrinof menemuinya hampir setiap hari untuk meyakinkan PDI-P agar mengusung Jokowi melawan calon petahana, Fauzi Bowo. Ia mengungkapkan bahwa Andrinof sangat gigih saat berusaha meyakinkannya mengenai kalkulasi kemenangan Jokowi dalam Pilgub DKI.

“Tiap hari dia datang ke kantor saya, meyakinkan supaya dukung Jokowi di (Pilgub) DKI,” ujar Tjahjo ketika menjadi pembicara di Lemhannas, Jakarta, Selasa (4/8).

Ketika itu, Tjahjo masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PDI-P dan anggota Komisi I DPR RI. Sedangkan itu, Andrinof sendiri adalah akademisi Universitas Indonesia yang sering mengamati isu-isu perkotaan dan kebijakan publik.

“Dia bilang, meski Foke (Fauzi Bowo) didukung semua partai, Jokowi pasti menang hanya dengan dukungan PDI-P dan Gerindra saja,” jelas Tjahjo.

Terus diyakinkan oleh Andrinof, tambah Tjahjo, ia pun akhirnya mengusulkan Jokowi sebagai figur yang akan diusung dalam Pilgub DKI kepada Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri. Ternyata gayung pun bersambut. Megawati memberi restu dan sepakat berkoalisi dengan Partai Gerindra yang mengusung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Akhirnya usaha Andrinof pun tidak sia-sia. Pasangan Jokowi-Basuki memenangi Pilgub DKI dan dilantik pada 15 Oktober 2012.

Kurang lebih baru satu pekan dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta, Andrinof menemui Tjahjo dan kembali berusaha meyakinkan kalau Jokowi berpeluang memenangi Pilpres 2014.

“Setelah (Jokowi) jadi gubernur, baru seminggu, orang itu datang lagi. Dia bilang Jokowi pasti menang kalau jadi calon presiden. Namanya Pak Andrinof Chaniago, dia yang memperjuangkan gigih ke partai-partai, mulai dari gubernur sampai sekarang jadi presiden,” ungkap Tjahjo.

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...