Home / Berita / Politik / Akil Mochtar Mengundurkan Diri dari MK

Akil Mochtar Mengundurkan Diri dari MK

Akil Mochtar
Akil Mochtar
Jakarta, Aktual Post – Akil Mochtar, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyatakan mengundurkan diri sebagai hakim konstitusi. Surat pengunduran dirinya telah diterima MK pada Minggu (6/10/2013) dini hari.

“Kami baru saja menerima surat pengunduran diri HM Akil Mochtar sebagai hakim konstitusi,” kata Wakil Ketua MK, Hamdan Zoelva, Minggu (6/10/2013) dikutip dari JPNN.

Hamdan tidak mengungkapkan apa yang menjadi alasan Akil Mochtar mengajukan pengunduran diri. Namun, diduga kuat berkaitan dengan masalah hukum yang tengah dihadapinya saat ini.

Sebelumnya, seperti kita ketahui, Akil Mochtar telah resmi ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka dalam dua kasus suap terkait sengketa pilkada di MK. Saat ini, ia tengah mendekam di Rutan KPK.

Pasca penetapan Akil Mochtar sebagai tersangka, MK langsung mengusulkan pemberhentian sementara kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Usulan tersebut telah disetujui oleh Presiden dan mulai berlaku sejak Sabtu (5/10/2013).

Lebih lanjut Hamdan menjelaskan, nantinya keputusan terkait pengunduran diri Akil akan diserahkan kepada Majelis Kehormatan Hakim (MKH). Pasalnya, saat ini MKH tengah menyelidiki mantan anggota DPR itu atas dugaan pelanggara kode etik.

“Kami serahkan kepada majelis untuk menanganinya. Mungkin Senin diputuskan,” pungkasnya.

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...