Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Akitivis Lingkungan Geram Kabut Asap, Bikin Video ditujukan ke Presiden Jokowi

Akitivis Lingkungan Geram Kabut Asap, Bikin Video ditujukan ke Presiden Jokowi

chalee

Wilayah Indonesia masih terus dikepung kabut asap. Pemerintah sendiri terus berupaya memadamkannya. Bencana asap sendiri telah mengakibatkan warga menderita infeksi saluran pernafasan (ISPA). Bahkan telah menelan korban jiwa.

Dengan kondisi demikian, membuat Chanee Kalaweit, seorang aktivis lingkungan Indonesia keturunan Eropa merasa prihatin. Chanee pun menuturkan kemarahannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui situs berbagi video YouTube.

Di dalam video itu, Chanee meluapkan emosinya.

Pesan kepada Presiden Joko Widodo.
Nama saya Chanee, saya berasal dari Eropa, tapi saya sudah tinggal di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Saya sangat bangga menjadi warga negara Indonesia tiga tahun yang lalu, karena saya sungguh-sungguh mencintai Indonesia. Tetapi Bapak Presiden izinkan saya untuk menyampaikan hari ini kemarahan saya.

Saya marah bukan karena anak saya terkena ISPA seperti ratusan anak lain. Saya marah bukan karena ribuan orang sesak nafas dan menangis sambil berdoa dapat melihat matahari lagi. Saya marah tidak hanya karena alam dan hutan Kalimantan dihancurkan.

Bapak Presiden, saya marah karena semua penderitaan ini dibuat demi industri minyak kelapa sawit. Keputusan pemerintah sebelumnya dan keputusan pemerintah yang sekarang dengan sengaja menimbulkan masalah ini tiap tahun, dan diperparah tahun ini dengan Elnino.

Di dalam Kotamadya Palangkara saja, dari awal bulan Juli tahun ini saya sudah ilustrasikan dari udara puluhan kebakaran lahan demi ekspansi perkebunan kelapa sawit. Pada saat itu, pada saat asap belum menjadi berita semua titik api dapat dipadamkan. Tetapi itu tidak terjadi. Helikopter pemadam datang dua bulan kemudian. Petugas-petugas di lapangan sekuat-kuatnya mereka tidak bisa berbuat banyak saat api sudah menjadi besar di lahan gambut. Pemilik lahan yang dibakar tidak akan kena sanksi.

Bapak Presiden, bukan saya yang akan beritahukan Bapak kalau korupsi, kolusi, intimidasi masih merajalela di sini dan di daearah lain demi ekspansi industri perkebunan kelapa sawit.

Saat Pak Presiden memutuskan untuk membuat kanal-kanal baru di Kalimantan Tengah, Bapak membuat situasi menjadi lebih parah. Kanal-kanal yang dibikin sesuai dengan perintah Bapak akan mengering hutan dan memastikan lahan akan semakin gampang untuk dibakar.

Pak Presiden saya marah, tetapi tidak hanya sebagai aktivis lingkungan. Saya marah sebagai ayah, suami dan seseorang yang sungguh mencintai negeri ini.

Pelan-pelan kesehatan kami dicuri oleh oknum yang menimbulkan situasi ini. Apakah ini yang diinginkan Bapak demi industri kelapa sawit?

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...