Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Alamak, Rupiah Tembus Rp 14.000 per dollar AS, Ini Penjelasan BI

Alamak, Rupiah Tembus Rp 14.000 per dollar AS, Ini Penjelasan BI

Gubernur BI Agus Martowardojo
Gubernur BI Agus Martowardojo

Rupiah tak berdaya di hadapan dollar Amerika Serikat (AS). Mengacu data Bloomberg, Senin (24/8) di pasar spot akhirnya rupiah tembus ke Rp 14.004 per dollar AS melemah 0,45% dari sebelumnya Rp 13.941 per dollar AS pukul 11.33 WIB.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyatakan kembali terjerembabnya mata uang garuda tersebut terjadi akibat adanya aksi jual global (global selloff) di pasar modal pada Minggu (23/8) lalu. Hal tersebut terjadi sebagai kelanjutan dari ketidakpastian kondisi global akibat dari rencana kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS dan devaluasi Yuan.

“Hampir semua melepaskan sahamnya. Itu berdampak pada Indonesia,” kata Agus di kompleks DPR, Senin (24/8).

Di sisi lain lanjut Agus, harga minyak dunia dan harga komoditas yang semakin melemah juga berdampak pada nilai tukar rupiah. Oleh karena itu, tukar rupiah saat ini juga telah berada jauh di bawah nilai fundamentalnya. Namun demikian, Agus menyatakan pihanya akan terus berada di pasar.

Agus juga menyatakan bahwa otoritas moneter telah menyarankan agar eksportir melepas valuta asingnya. “Sehingga tekanan nilai tukar tidak perlu terjadi. BI akan menjaga untuk terus adanya stabilitas nilai tukar rupiah. Namun kondisi dunia juga perlu kita waspadai,” ucap Agus.- ant/kontan

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...