Home / Tekno / Internet / Alasan FB Luncurkan Fitur Instant Article

Alasan FB Luncurkan Fitur Instant Article

Alasan FB Luncurkan Fitur Instant Article

FB  resmi meluncurkan Instant Article yang merupakan informasi dari media massa

Jejaring sosial sejuta umat, facebook resmi meluncurkan fitur Instant Article. Media yang bermitra dengan Facebook antara lain National Geographic, BBC, The Guardian, dan Time. Seperti yang dilansir The Verge pada Kamis 14 Mei 2015, facebook mengungkapkan jika berita diklaim dapat diakses 10 kali lebih cepat dibandingkan dari masing-masing situs resmi.

Instant Article dapat diakses melalui gawai berbasis iOS. Facebook mengatakan, kehadirannya di perangkat Android segera menyusul. Pengguna diharapkan dapat lebih mudah mengakses informasi sembari membuka media sosial. “Sedangkan bagi penerbit, lebih mudah menjumpai pembaca di manapun berada” tulis facebook.

Instant Article menampilkan logo media untuk memudahkan pengguna masuk ke situs asal. Ada juga icon Follow untuk mengikuti akun penyedia berita untuk memperoleh berbagai informasi teranyar. Sejumlah pengamat teknologi menganggap Instant Article bukan hal baru dalam inovasi konten.

Ini bukan masa depan dalam menyediakan konten berita” tambah facebook. Konten berita sudah umum disajikan dalam aplikasi khusus dari media massa dan penerbit. Aplikasi yang cukup dikenal, antara lain Flipboard, Zite, dan Collectors.

Pengembang digital Indonesia pun tidak mau kalah menghadirkan aplikasi serupa bernama Kurio. Kurio menghadirkan konten dari sejumlah portal online antara lain Kompas.com, Detik.com, dan Liputan6.com. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat iOS dan Android.

Kami ingin memfasilitasi gerakan membaca lewat aplikasi” ungkap penggagas Kurio, David Wayne Ika. David khawatir karena sebagian pengguna Internet di Indonesia lebih menggemari aplikasi bersifat hiburan contohnya YouTube dan Facebook.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...