Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Alasan Sehatnya Mengonsumsi Minyak Ikan

Alasan Sehatnya Mengonsumsi Minyak Ikan

Minyak Ikan

Minyak ikan saat ini kerap dikemas dalam bentuk kapsul lunak sebagai suplemen. Banyak produk minyak ikan menjanjikan berbagai manfaat kesehatan jika mengonsumsinya secara teratur. Minyak ini memang menyehatkan. Rahasianya terletak pada kandungan asam lemak omega 3 yang membuat berbagai bagian tubuh tercegah dari penyakit, termasuk memperbaiki kualitas otak.

Dikutip dari She Knows, asam lemak omega tiga memiliki tiga bentuk yaitu ALA, DHA, dan EPA. Perbedaan ketiganya terletak dari cara memerolehnya. Secara alami, ALA ditemukan pada makanan dengan basis tanaman seperti dari biji rami dan buah berry. Sementera untuk DHA dan EPA, sumber utamanya ditemukan dari bahan makanan laut seperti minyak ikan dan krill.

Menurut Denny Kwock, CEO dan presiden Daily Wellness Company, asam lemak omega 3 diperlukan tubuh untuk mempertahankan proses biologis tubuh berjalan normal. Termasuk di antaranya, asam lemak omega 3 membantu proses pembakaran lemak dan mengurangi lemak tubuh yang berlebihan.

“Contohnya termasuk perkembangan otak dan pembakaran lemak yang efisien,” kata Kwock.

Ada banyak studi yang mengupas beragam manfaat asam lemak omega 3. Mengonsumsinya secara teratur akan membantu kadar trigliserida berada dalam jumlah yang normal. Hal tersebut akan mengurangi kemungkinan terserang penyakit jantung hingga stroke.  Lainnya, asam lemak omega 3 turut mengurangi peradangan yang ada di tubuh secara umum seperti sariawan, radang tenggorokan, dan radang lainnya.

“Ada beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat dalam rheumatoid arthritis,” tutur Kwock.

Menariknya, peran asam lemak omega 3 untuk kesehatan otak sangat mengagumkan. Perlu dipahami, sekitar 30 persen struktur otak manusia tersusun dari nutrisi ini. Jadi, pemberian asam lemak omega 3 pada orang-orang yang mengalami cedera otak akan membantu proses penyembuhan yang kemungkinan tidak bisa ditangani secara medis konvensional. Otak akan kembali puih dan berfungsi seperti semula. Tertarik untuk mengonsumsi minyak ikan?

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...