Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Ambisi Acer Bareng Intel & Google Wujudkan Kelas Digital di Indonesia

Ambisi Acer Bareng Intel & Google Wujudkan Kelas Digital di Indonesia

Jakarta – Didukung Intel dan Google, Acer ingin mewujudkan sistem digital classroom di Indonesia. Kolaborasi tersebut merupakan realisasi dari Acer dalam fokusnya pada dunia pendidikan di Tanah Air.

“Selama empat dekade, Acer berkomitmen untuk mendukung sektor pendidikan, dan kami berdedikasi untuk melayani kebutuhan pasar pendidikan sekaligus mendukung perwujudan digital classroom,” ujar Herbet Ang selaku Presiden Direktur Acer Indonesia dalam konferensi pers peresmian Ipeka Digital Classroom.

“Kini ruang kelas berubah dengan cepat, dan mengadopsi fungsi teknologi adalah cara utama untuk guru dan siswa dalam menjalankan pendidikan di era digital seperti sekarang. Ini merupakan dukungan kami sebagai technology enabler dalam percepatan implementasi pendidikan abad 21 untuk proses belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif,” imbuhnya.

Dalam kerja samanya dengan Ipeka, Acer sendiri menyediakan Acer Chromebook untuk seluruh murid dalam digital classroom. Selain itu Jakarta bukan satu-satunya wilayah yang jadi fokus Acer, implementasi Digital Classroom juga telah dijalankan produsen asal Taiwan ini di Bangka Belitung. Bahkan ke depannya Acer berambisi bisa mewujudkannya di Jawa Timur.

“Selain di IICS, kami juga menerapkan sistem ini di sekolah negeri di Bangka Belitung. Setelahnya, kami berencana untuk melakukan hal yang sama di daerah Jawa Timur. Namun kami tidak hanya membagi-bagikan hardware saja, kami juga menawarkan solusi terhadap permasalahan yang ada, seperti IT support dan koneksi internet,” jelas Herbert.

Sementara itu Head of Education Development Google Indonesia Ganis Samoedra mengatakan, penggunaan teknologi di ruang kelas akan membuat proses belajar-mengajar jadi makin interaktif. Siswa juga akan jadi lebih aktif lantaran bisa dengan mudah mengakses pengetahuan baru.

“Teknologi di dalam ruang kelas yang interaktif akan menjadi katalis bagi terjadinya perubahan mendasar terhadap peran guru, dari informasi ke transformasi, dan aktivitas siswa dari pasif menuju lebih aktif dan mandiri dalam mengakses pengetahuan yang terbaru,” tuturnya.

Adalah Ipeka Integrated Christian School (IICS) Jakarta, yang telah berkolaborasi dengan Acer untuk menerapkan sistem ini. Mereka mengklaim, IICS merupakan sekolah pertama yang menerapkan konsep belajar secara digital ini di Indonesia.

Dalam digital classroom di IICS, seluruh unit Acer Chromebook yang digunakan termasuk dari lini produk tipe CB3. Laptop tersebut telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi pendukung dari Google.

Ambisi Acer Bareng Intel & Google Wujudkan Kelas Digital di IndonesiaFoto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Aplikasi Google tersebut antara lain Google Chrome Gmail, Google Drive tanpa batas kapasitas memori, Google Search, App List Button, YouTube, Hangout, Classroom, Calendar dan sites.

Selain itu, terdapat fitur-fitur lain yang dihadirkan oleh Acer Chromebook dengan dukungan ekosistem Chrome yaitu charging cart, Chrome Device Management Console, dan G-Suite App for Education.

(yud/yud)


Source link

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta detikHot ...