Home / Tekno / Internet / Ambisi KakoTalk, Jegal BBM di Indonesia

Ambisi KakoTalk, Jegal BBM di Indonesia

KakaoTalk

Aplikasi pesan instan made in ‘negeri KPOP’, KakaoTalk miliki ambisi khusus di tahun ini. Adalah menjegal dominasi Blackberry Messenger atau BBM yang masih jadi primadona bagi pengguna smartphone di tanah air.

Kate Sohn mengatakan jika Indonesia adalah pasar mobile messenger paling seksi di era sekarang. Vice President of Global Business Development Kakao Corp itu melanjutkan jika market tersebut kini sedang diupayakan untuk dikuasai.

Selama beberapa tahun BBM memang miliki magnet tersendiri bagi pengguna aplikasi chatting di tanah air. Namun KakaoTalk tak gentar dengan tawarkan fitur yang lebih beragam. Ada game, stiker, tema, belanja, dan fitur-fitur mutakhir lainnya. Demikian tulis Indotelko.

Indonesia sendiri miliki potensi yang luar biasa untuk pengguna ponsel pintar. Tercatata ada 20% pengguna smartphone di tanah air dari 240 juta total penduduk. Dalam satu dekade ke depan diprediksi angkanya bakal naik jadi 50 persen.

Tentu saja siapa yang tidak tergiur dengan peluang tersebut. Terlebih, pendapatan global dari mobile messaging bisa capai USD 24 miliar. Dengan kata lain para produsen aplikasi pesan instan tengah ‘berebut kue’ dan hati pengguna untuk sudi gunakan layanan mereka.

Dalam waktu satu tahun, KakaoTalk telah mampu menjaring 16 juta pengguna setelah diperkenalkan di Indonesia. Belum lama ini mereka juga telah perkenalkan fitur baru yakni Speed Booster. Adalah kemampuan mengirim pesan lebih cepat dalam kondisi jaringan terburuk sekalipun.

Ada pula fitur Image Relay dan Speed Booster Engine yang memungkinkan pengguna mengirim foto lebih cepat. Terkini, mereka juga mengganti logo baru saat aplikasi dibuka (loading screen) dengan Thunderbolt.

Saking seriusnya untuk menggeser dominasi Blackberry Messenger, KakaoTalk samai fitur Read BBM dengan hadirkan dua fitur informatif: Unread Count dan Paper Plane Mode. Fitur pertama berupa angka untuk memperlihatkan jumlah pengguna yang belum membaca pesan yang dikirimkan.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...