Home / Berita / Aming Membantah Homoseks, tapi Menghormati LGBT

Aming Membantah Homoseks, tapi Menghormati LGBT

aming dan Priscilia saat aksi demo pro LGBT di New York
aming dan Priscilia saat aksi demo pro LGBT di New York

New York — Aktor Komedi Aming, yang baru-baru ini mendapat sorotan public karena ikut ambil bagian dalam aksi demonstrasi mendukung Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT)  dan pernikahan sejenis di New York, Kamis 2 Juli, akhirnya buka suara ke Media. Aming yang saat ini masih berada di Amerika mengaku kalau ia tidak tahu kalau aksi demo itu untuk mendukung homoseksual.

“Saya hanya kebetulan saja diajak teman. Katanya demo itu untuk mendukung kebebasan berekspresi, makanya saya ikut,” katanya kepada VOA Indonesia yang menemuinya di New York.

Aming sendiri mengaku ke Amerika untuk tiga hal, yaitu  untuk melanjutkan pedidikan S2 dalam bidang seni setelah menyelesaikan pendidikan S1 Seni Rupa dan Desain ITB, untuk mengembangkan usaha bersama  Chef Priscilia dan beberapa rekannya yang lain, dan ikut dalam berbagai kegiatan seni.

“Kalau ada tawaran berkesenian di Amerika, tentu saja ingin mengambil kesempatan itu,” tambahnya.

Saat di Amerika pekan lalu,  ia bertemu dengan seorang sahabatnya bernama Solena  yang mengabaran akan ada aksi mendukung kebebasan berekspresi di Jalan raya New York. Aming mengaku tertarik dengan aksi itu. Ia pun melontarkan ide untuk tampil beda dalam aksi itu.

“ Mendengar kabar itu, langsung muncul ide untuk memakai baju yang unik supaya menarik perhatian orang. Jika saya tampil unik, otomatis banyak orang yang  ingin foto sama saya karena kostum saya unik,” katanya. Lewat tampilan unik itu, Aming mengaku ingin menarik perhatian dunia fashion New York agar menggunakan jasanya sebagai bintang iklan produk.

Aming membantah kalau pakaiannya itu disebut pakaian telanjang.  “Itu sebenarnya saya pakai baju warna kulit, saya tidak telanjang loh. Baju itu adalah baju artistik, motifnya doodle (coretan). Bahannya dari styrofoam yang suka dipakai anak-anak berenang supaya tidak tenggelam,” katanya.

Perkiraan Aming benar adanya. Saat demo berlangsung , banyak kamera yang mengintai dirinya karena berani tampil beda. Rekannya Chef Priscilia yang juga ikut dalam aksi itu turut mengabadikan foto mereka. Dalam foto yang ditampilkannya di instagram, terlihat jelas kalau Aming berpakaian sangat aneh yang nyaris telanjang.

Aming di New York
Aming di New York

Priscili sendiri yang mengaku mengunggah foto itu di instagram. Ia tidak menyangka kalau publik di Indonesia memberi pandangan miring terhadap Aming tentang aksi demo dan foto itu. Aming sendiri mengaku mendapat banyak hujatan melalui media sosial.

Ketika wartawan VoA menanyatakan apakah Aming seorang homoseks? Dengan tegas ia membantah. “Saya bukan homoseks,” ujarnya. “Tapi saya tidak menolak homoseks. Saya menghormati LGBT.”   Menurutnya LGBT itu adalah kebebasan berekspresi yang layak untuk dihormati.

Pada akhir wawancaranya, Aming meminta agar warga Indonesia menghilangan kebiasan untuk mengontrol kehidupan orang lain. “Sebelum menilai orang lain, cobalah bercermin dulu. Apakah kita sudah benar? Stop judging!” ***

Baca Juga

Pihak Terkait Kasus Ibu Gugat Anak akan Dipanggil Polda Jatim

Surabaya – Tim Satgas Antimafia Tanah Polda Jatim telah menelaah kasus ibu yang digugat anaknya ...

One comment

  1. Jaka Tulen

    Aming….aming…..tok!!!