Home / Gaya Hidup / Anak Pertama Cenderung Lebih Pintar

Anak Pertama Cenderung Lebih Pintar

Anak Pintar
Anak Pintar
Urutan kelahiran seolah tak ada hubungannya dengan tingkat kecerdasan anak. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa anak yang lahir pertama cenderung lebih pintar dan memiliki IQ yang lebih tinggi daripada adik-adiknya.

Mereka juga dianggap memiliki pencapaian yang lebih baik bagi orang tua. Hal ini kemungkinan besar berkaitan dengan sikap orang tua pada anak pertama mereka. Orang tua diketahui lebih disiplin dan ketat ketika membesarkan anak pertama dibandingkan dengan anak kedua dan seterusnya.

Penelitian ini menemukan bahwa 33,8 persen ibu mengklaim bahwa anak pertama mereka adalah salah satu siswa terbaik di kelas. Hanya 1,8 persen yang mengakui anak bungsu mereka yang memiliki predikat tersebut.

Sementara itu 31,8 persen ibu menjelaskan bahwa anak kedua mereka memiliki prestasi baik di kelas, dan hanya 29 persen yang mengatakan hal serupa untuk anak ketiga, diikuti dengan 27,2 persen untuk anak keempat, seperti dilansir oleh Daily Mail (22/10/2013).

Peneliti beranggapan bahwa hal ini berkaitan dengan sikap disiplin ibu kepada anak mereka. Banyak ibu yang menjelaskan bahwa mereka jarang menghukum anak kedua atau anak bungsu ketika memiliki nilai yang buruk. Namun mereka akan lebih mudah memarahi anak pertama ketika prestasi mereka rendah.

Penulis penelitian V. Joseph Hotz dan Juan Pantano menjelaskan bahwa orang tua lebih terlibat dengan pendidikan anak pertama mereka dan mereka juga memberikan aturan serta hukuman yang lebih keras pada anak mereka.

Bagaimana pendapat Anda dengan hasil penelitian tersebut, setuju bahwa anak pertama cenderung lebih pintar dan ber-IQ tinggi?

Baca Juga

Tips Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak “Prengus”

Hari Kamis (24/9) umat muslim di tanah air akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau ...