Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ancaman Hukuman bagi Gatot dan Evy Maksimal 15 tahun, Ini pasalnya

Ancaman Hukuman bagi Gatot dan Evy Maksimal 15 tahun, Ini pasalnya

Gatot Pujo Nugroho
Gatot Pujo Nugroho

Jakarta – Bantahan Gatot dan Evy bahwa mereka terlibat dalam kasus suap tiga majelis hakim  tidak cukup untuk membuat  mereka lepas dari jeratan KPK.  Sepertinya KPK lebih percaya dengan pengakuan Yagari Bhastara  alias Gerry ketimbang bantahan Gatot dan Evy. Gerry  adalah anak buah OC Kaligis yang tertangkap tangan oleh KPK bersama tiga majelis hakim PTUN di sebuah mall di Medan pada Kamis 9 Juli lalu.

Nyanyian Gerry inilah yang kemudian menyeret pimpinannya OC Kaligis sebagai pengatur scenario penyuapan, serta Gatot dan Evy sebagai pemberi dana dan penghubung.  Gatot dituduh sebagai pemberi uang sebesar 15 ribu dollar Amerika dan 5000 dolar Singapura, Evy Susanti istri kedua Gatot berperan sebagai penghubung antara Gatot dan OC Kaligis,  selanjutnya OC Kaligis yang mengatur  pemberian uang suap, dan Gerry sebagai  pelaku di lapangan.

Saat memberikan uang itu kepada majelis hakim PTUN Medan, Gerry tertangkap dalam sebuah operasi tangkap tangan KPK. Bersama Gerry, saat itu juga ditahan Ketua PTUN Medan  Tripeni Irianto Putro, hakim anggota Amir Fauzi dan Dermawan Ginting serta panitera yang juga  Sekretaris PTUN Medan Amir Fauzi.

Suap itu diduga sebagai uang terimakasih karena majelis hakim PTUN Medan telah memenangkan gugatan Pemerintah Provinsi Sumut atas Kejaksaan Tinggi Sumut yang akan memeriksa kasus penyelewengan dana Bansos di Pemprovsu.

Dua hari setelah kelima orang itu ditahan, menyusul KPK menetapkan dan menahan OC Kaligis yang dianggap sebagai pengatur scenario penyuapan.

Hingga saat ini OC Kaligis masih menolak untuk diperiksa KPK. Namun sikap bungkam itu rupanya tidak bisa menyelamatkan Gatot dan Evy karena tim penyidik lebih yakin dengan pernyataan Gerry. Gatot dan istrinya akhirnya dijerat  dengan pasal 6 ayat 1 huruf a dan pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau pasal 13 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 tahun 2001 jo pasal 64 ayat 1 jo pasal 55 ayat 1 KUHPidana.

Pasal tersebut mengatur tentang memberi atau menjanjikan sesuatu kepada hakim dengan maksud untuk mempengaruhi putusan perkara yang diserahkan kepadanya untuk diadili dengan ancaman pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun serta denda paling kecil Rp150 juta dan paling banyak Rp750 juta.  ***

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...

One comment

  1. Awas Ada Zaenal Prikitiww

    like status Sharie Cuietz Cuietz Ssb udah..
    like status Andy Emo’boys juga udah..
    tapi komen di status Video Aneh ini nich yang paling aku tunggu tunggu…. abisnya status Video Aneh Oke banget sich….

    New post (Ancaman Hukuman bagi Gatot dan Evy Maksimal 15 tahun, Ini pasalnya) has been published on Aktual Post

    twuch kan keren banget.. wkwkwk