Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Anggota DPR: Saya Tidak Sepakat Kalau Arcandra Mau Balik lagi jadi WNI Harus Menetap dulu 5 tahun Berturut-turut

Anggota DPR: Saya Tidak Sepakat Kalau Arcandra Mau Balik lagi jadi WNI Harus Menetap dulu 5 tahun Berturut-turut

-arcandra-tahar_99

Polemik soal status kewarganegaraan mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar terus bergulir. Upaya-upaya untuk mengembalikan status kewarganegaraannya pun disambut baik.

Anggota Komisi III DPR RI dari fraksi PPP Arsul Sani menilai, ketentuan dalam undang-undang yang mengatur tentang status kewarganegaraan seorang WNI tidak bisa diterapkan begitu saja kepada Arcandra. Sebab, Arcandra sebelumnya merupakan warga negara Indonesia asli yang lahir di Tanah Air.

“Saya setuju kalau memang Pak Arcandra mau balik jadi WNI. Kasus Arcandra ini, menurut beberapa akademisi mengatakan jika ketentuan pasal 9 UU nomor 12/2006 harus berlaku, yakni harus kembali dan menetap di Indonesia selama lima tahun berturut-turut. Saya terus terang enggak sepakat dengan pemahaman itu,” jelas Arsul di Gedung DPR RI Senayan, Jumat (19/8).

“Karena kalau dilihat dari risalah pasal itu, ketentuan itu untuk WNA yang mau jadi WNI. Tapi kan Pak Arcandra sendiri WNI. Kalau mau balik ke Indonesia, apakah berlaku ketentuan pasal itu? Menurut saya tidak,” terangnya.

Arsul menilai, kalau kasus semacam Arcandra ini sudah pernah dihadapi oleh pemerintah Indonesia dalam status kewarganegaraan beberapa WNI sebelumnya. Kalaupun ada yang perlu direvisi dari UU mengenai kewarganegaraan itu, sambunlangnya, maka yang harus diperhatikan adalah mengenai kemudahan prosedur bagi orang Indonesia yang sudah menjadi WNA, dan ingin kembali lagi menjadi WNI.

“Artinya, perlu di UU kewarganegaraan kita itu dipertegas, bahwa kalau seorang WNI sudah jadi WNA, kemudian pengin balik jadi WNI lagi, itulah yang harus diatur shortcut rules-nya. Misalnya termasuk, apakah perlu pertimbangan DPR atau tidak,” imbuhnya.

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...

One comment

  1. Halo, saya Mrs Nelly mulia, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup, pinjaman alternatif. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Ini terlihat tidak lebih, karena kita berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda di masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di tingkat bisnis mereka dari 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan keuangan, dan akan siap untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail: (nellyperious@gmail.com)