Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Anggota DPR Usulkan Agar dibentuk UU Pengamalan Pancasila, ini Alasannya

Anggota DPR Usulkan Agar dibentuk UU Pengamalan Pancasila, ini Alasannya

pancasila7

 

Salah seorang anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Yanuar Prihatin, mengusulkan pembentukan Undang Undang Pengamalan Pancasila guna menguatkan pertahanan bangsa.

“Strategi teritorial sudah harus ditegakkan namun kita belum memiliki daya tangkal yang kuat. DPR harus segera merumuskan UU di bidang pertahanan dan keamanan terutama terkait dengan penangkalan terorisme,” papar Prihatin, dalam siaran pers, seperti dilansir Antara, Sabtu (9/7).

Ditambahkan olehnya, bom bunuh diri yang terjadi di Kantor Polresta Surakarta, Selasa (5/6), menunjukkan ketahanan nasional masih lemah karena kejadian ini bukanlah pertama kali.

Lebih lanjut dikatakan pula, banyaknya anggota masyarakat yang melakukan tindakan ekstrem menunjukkan negara belum mempunyai kekuatan dalam menjaga pemahaman dan pengamalan Pancasila serta keutuhan wilayah NKRI.

Prihatin menilai kalau saat ini aparat keamanan belum mempunyai kemampuan yang optimal dalam mencegah tindakan kekerasan seperti bom bunuh diri yang sering kali diklaim dilakukan atas nama agama.

Ia mengambil contoh nilai positif dalam UU Subversif yang berlaku pada zaman Orde Baru. Bagi dia saat itu individu dan organisasi anti Pancasila tidak berkembang.

“Sekarang tidak ada UU yang melindungi warga negara dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga pemerintah perlu segera merumuskan ulang UU strategi Keamanan dan Ketahanan guna mencegah munculnya terorisme dan gerakan yang melanggar HAM,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengusulkan agar pemerintah dan DPR segera menyusun UU Pengamalan Pancasila dan merevisi regulasi yang mengatur keamanan dan pertahanan.
 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...