Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Anies Anjurkan Orang Tua Bacakan Cerita Untuk Anak

Anies Anjurkan Orang Tua Bacakan Cerita Untuk Anak

mengajari membaca

Dalam rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Buku Sedunia (World Book Day) pada 25 April 2015 dan Hari Buku Nasional pada 17 Mei 2015, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan ‘Gerakan 10 Menit Membacakan Cerita untuk Anak’ di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta pada Jumat (29/5).

“Gerakan ini merupakan anjuran untuk membentuk kebiasaan membaca dan membacakan buku untuk anak oleh orang tua,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

Dijelaskan pula olehnya, gerakan ini akan bisa menjadi kebiasaan apabila dilakukan dengan serius. Sebab membaca itu harus diajarkan dengan baik yang kemudian perlu  dibiasakan. Setelah  dibiasakan, katanya,  membaca harus didisiplinkan.

Setelah menjadi kebiasaan, hal ini tentu akan menjadi kebudayaan nantinya. Untuk itu, dia berharap Indonesia bisa menjadi bangsa yang memiliki budaya membaca.

“Kebudayaan membaca memang harus diterapkan sedini mungkin. Kalau membaca dengan rutin walau singkat lebih berefek membentuk kebiasaan. Hal ini, lebih baik daripada membaca panjang tapi jarang,” jelas Anies.

Gerakan membaca 10 menit ini, kata Anies diharapkan tidak hanya dilakukan di sekolah tapi juga di rumah. Guru dan orang tua merupakan pihak yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan kebiasaan membaca. Untuk itu, orang tua dan guru harus bisa memiliki motivasi dalam kegiatan membaca.

Untuk mewujudkan hal itu tidak mudah, sebab masih banyak para orang tua yang ekonominya sulit. Tentang hal ini, Anies memberikan solusi yakni bahan bacaan itu tidak harus dengan buku baru. Apa saja bisa dibaca dan bisa ke perpustakaan juga

Gerakan ini sendiri akan mulai berlaku pada semester depan. “Pembiasaan membaca akan dilakukan di setiap sekolah di seluruh Indonesia.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...