Home / Berita / Regional / Antisipasi Suhu Panas di Surabaya, Risma Perintahkan Penyiraman Air di Jalan Protokol

Antisipasi Suhu Panas di Surabaya, Risma Perintahkan Penyiraman Air di Jalan Protokol

penyirman air 1

Musim kemarau kini sedang melanda sejumlah kota di Indonesia. Akibatnya, ada kota ataupun desa yang mengalami kekeringan.

Di kota Surabaya sendiri, musim kemarau telah melanda dengan suhu mencapai 35 derajat celsius.

Mengantisipasi suhu panas yang terjadi, Kota Surabaya melakukan penyiram air di jalan protokol. Penyiram dilakukan setiap pukul 11.00 hingga 15.00 WIB oleh petugas Pemadam Kebakaran Dinas Kebakaran Kota Surabaya.

Dengan menggunakan mobil water supply, petugas ini menyirami jalan-jalan protokol di Kota Pahlawan. Tujuannya sendiri agar saat melintas di jalan-jalan tersebut sejumlah warga tidak kepanasan.

Mobil water supply ini melintas dari Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Embong Malan, Jalan Bubutan, Jalan Indrapura, hingga Jalan Pahlawan.

Sambil berjalan, mobil tersebut melakukan pembasahan jalan. Program penyiraman sendiri merupakan instruksi dari Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, dimana untuk menciptakan rasa nyaman bagi pengguna jalan saat musim panas.

Sementara itu Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Chandra Oratmangun, menuturkan bahwa pembasahan jalan dilakukan ketika memasuki musim kemarau sebelum Ramadhan. Pihaknya menyediakan empat mobil tangki yang diterjunkan dengan kapasitas hingga 5.000 liter.

Apa yang dilakukan ternyata mendapat sambutan positif dari warga masyarakat. “Tiap petugas kami menyiram, banyak acungan jempol dari warga. Syukurlah jika ini bisa menciptakan suasana sejuk bagi saudara-saurada kita yang menunaikan ibadah puasa Ramadhan,” ujar Chandra.

Dirinya meminta kepada pengguna jalan untuk menepi dan memberikan kesempatan kepada petugas kendaraan untuk melakukan pembasahan jalan.

Mengenai air yang digunakan untuk penyiraman, dipastikan berbeda dengan yang digunakan pemadam kebakaran. Airnya lebih bersih dan dijamin tidak bau serta tidak gatal jika terkena air ini.

 

 

 

 

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...