Home / Tekno / Internet / Antivirus Di Masa Depan Bisa Deteksi Virus Tanpa Update

Antivirus Di Masa Depan Bisa Deteksi Virus Tanpa Update

avg-logo1

Hingga hari ini, software antivirus adalah sebuah keharusan jika Anda ingin komputer Anda dan data di dalamnya tetap aman. Tapi software antivirus memiliki sebuah masalah besar yaitu mereka hanya mampu menangkal virus dan malware yang mereka kenali. Untuk ancaman baru yang tidak dikenali, mereka perlu diupdate dulu. Hal ini memberikan para penyerang kesempatan untuk menyerang komputer dalam waktu yang singkat. Para peneliti sedang berusaha mengatasi kelemahan antivirus ini. Mereka berpikir jika antivirus di masa depan bisa menangkap malware baru tanpa perlu diupdate.

Para peneliti sedang mengembangkan algoritma belajar yang dalam yang memampukan software mendeteksi adanya kode jahat secara alami tanpa perlu sebuah update. Pertanyaannya adalah jika sebuah jaringan syaraf buatan bisa diprogram untuk mengenali wajah, maka teknologi ini juga bisa diprogram untuk mengenali kode jahat.

Deep Instinct, sebuah startup di Israel sedang mengerjakan sebuah software antivirus deep-learning, yang diklaim bisa mengenali malware baru dengan tingkat akurasi 20 persen lebih tinggi dibandingkan antivirus terbaik yang ada saat ini. Klaim ini belum diuji oleh pihak lain tapi ide dasarnya tidak begitu jauh berbeda dari yang ditawarkan peneliti dari Microsoft dan Invincea.

Akan tetapi, program ini masih dalam tahap awal sehingga kita perlu menunggu sebelum software antivirus itu tersedia sehingga kita tidak perlu kuatir lagi tentang update antivirus.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...