Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Apa Isi Dokumen Rahasia Penyadapan AS terhadap Prancis ?

Apa Isi Dokumen Rahasia Penyadapan AS terhadap Prancis ?

Pihak Amerika Serikat membatah telah melakukan penyadapan terhadap tiga presiden Prancis, seperti yang dilaporkan situs pembocor dokumen rahasia WikiLeaks yang menyebutkan lembaga Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) melakukan penyadapan terhadap tiga presiden Prancis yaitu Presiden Jacques Chirac (1995-2007), kemudian penggantinya Presiden Nicolas Sarkozy (2007-2012) dan penerusnya, Presiden Francois Hollande (2012-sekarang).

Selain tiga presiden, yang juga disadap adalah anggota parlemen dan duta besar Perancis untuk Amerika.

Presiden AS Barack Obama juga menegaskan negaranya sudah tidak lagi melakukan aktivitas intelijen seperti itu

Sebenarnya apa isi dokumen itu dan seberapa pentingkan dokumen itu hingga terjadi perseteruan antar dua negara besar inil .

Serangkaian dokumen rahasia itu meliputi lima dokumen dari Agensi Keamanan Nasional AS atau NSA. Dokumen terbaru tercatat 22 Mei 2012, satu hari setelah Presiden Prancis Francois Hollande dilantik, dimana dalam dokumen tersebut menyebutkan bahwa Hollande “sepakat menggelar rapat rahasia di Paris untuk mendiskusikan krisis zona Eropa, terutama terkait konsekuensi yang terjadi jika Yunani terlempar dari zona Eropa.”

Selain itu juga menyebutkan bahwa Hollande meyakini Kanselir Jerman Angela Merkel “sudah menyerah (terhadap Yunani) dan tidak bersedia membantu lebih jauh.”

“Hal ini membuat Hollande sangat khawatir terhadap Yunani dan warganya, yang mungkin saja dapat mendukung partai ekstremis,” demikian tertulis dalam dokumen rahasia itu, seperti dikutip AFP, Rabu (24/6/2015).

Dalam dokumen lain yang tercatat tahun 2008 menyebutkan (mantan Presiden Nicolas) “Sarkozy melihat dirinya sebagai satu-satunya orang yang dapat menyelesaikan masalah krisis ekonomi dunia.” Ia menyalahkan sebagian besar masalah ekonomi saat itu diakibatkan kesalahan pemerintah AS. Namun ia juga meyakini AS sudah mulai mau mendengarkan nasihat dirinya.

Bocoran lainnya menyebutkan rasa frustrasi Sarkozy terhadap aktivitas mata-mata AS. Ia mengatakan hambatan utama dalam meningkatkan kerja sama intelijen adalah “hasrat AS yang ingin terus memata-matai Prancis.”

Terkait pembocoran dokumen tersebut, Presiden Perancis, Francois Hollande, menggelar pertemuan darurat dengan para menteri dan komandan militernya. “Perancis tidak akan mentolerir tindakan yang mengancam keamanan dan kepentingan Perancis,” bunyi pernyataan dari kantor kepresidenan Perancis.

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...