Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Apa Untungnya Parpol Dukung Ahok yang Maju Independen?

Apa Untungnya Parpol Dukung Ahok yang Maju Independen?

“Secara ilmiah itu coat-tail effect” ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya.

Apa Untungnya Parpol Dukung Ahok yang Maju Independen

Seperti yang diketahui jika Basuki Tjahaja Purnama telah mendeklarasikan diri maju melalui jalur independen pada Pilkada DKI 2017. Kendati demikian, Ahok tidak menutup pintu bagi partai politik untuk memberi dukungan kepada dirinya.

Sejumlah parpol seperti Partai Nasdem dan Hanura telah menyatakan dukungan terhadap Ahok. Yunarto Wijaya mengatakan tidak menutup kemungkinan ada deal-deal politik setiap partai yang mendukung Ahok, namun dia tak mengetahui secara pasti.

“Secara ilmiah itu coat-tail effect. Itu adalah efek dongkrak elektabilitas partai pada calon yang berelektabilitas tinggi. Jadi setiap calon populer, maka imbasnya akan kena pada partai pendukung” ungkap Yunarto, Rabu (30/3/2016).

Coat-tail effect kata dia, sering terjadi di Indonesia. Seperti sosok Joko Widodo yang memberikan elektabilitas pada PDI Perjuangan. Begitu pula figur Susilo Bambang Yudhoyono yang mendongkrak Partai Demokrat pada saat partai tersebut tengah dilanda banyak kasus korupsi pada 2014 lalu.

“Elektabilitas Partai Gerindra juga melonjak karena adanya sosok Prabowo. Jadi partai yang akan mendukung Ahok pada pilkada nanti juga akan terkena imbasnya” tambah Yunarto, seperti yang dilansir Liputan6.

Apalagi saat ini kepercayaan masyarakat terhadap parpol relatif menurun. Banyak pihak yang beranggapan bahwa parpol tidak menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga masyarakat cenderung lebih memilih calon independen.

“Ini adalah bagian dari otokritik dari partai yang selama ini tidak dipercayai masyarakat lagi. Artinya setiap partai yang mendukung calon independen akhirnya mendapatkan limpahan persepsi positif dari masyarakat” pungkas Yunarto.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...

One comment

  1. Arief Azmar

    @pejuangrepelita Paling tdk kalau menang bisa kecipratan kekuasaan.