Home / Berita / Regional / APBD Serang Sudah Bisa Digunakan Pascapenahanan Atut

APBD Serang Sudah Bisa Digunakan Pascapenahanan Atut

APBD Serang Sudah Bisa Digunakan Pascapenahanan Atut
APBD Serang Sudah Bisa Digunakan Pascapenahanan Atut
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang yang sebelumnya tersendat saat ini sudah bisa digunakan, meskipun belum ditandatangani oleh Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, yang ditahan KPK karena kasus korupsi alat kesehatan.

“Meski draf hasil evaluasi APBD 2014 Kabupaten Serang belum ditandatangani Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, namun bisa dibelanjakan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan daerah,” kata Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan (Adpem) Setda Kabupaten Serang, Rachmat Maulana di Serang, Senin.

Ia mengatakan dari peraturan tersebut diketahui jika dalam jangka 15 hari meskipun belum adanya konfirmasi dari Pemprov Banten itu dianggap sudah sah ditetapkan sehingga dapat dibelanjakan.

“APBD 2014 tidak ada masalah sudah bisa digunakan. Memang kemarin-kemarin masih tersendat tapi sekarang sudah tidak ada kendala lagi,” ungkapnya.

Rachmat menjelaskan, secara formal memang draft hasil evaluasi APBD tersebut belum ditanda tangani oleh Gubernur Banten, namun secara fakta draf yang telah dilayangkan kepada Pemprov Banten sejak 10 Desember 2013 lalu itu dianggap sudah dievaluasi pada 18 Desember 2013, berarti APBD Kabupaten Serang sudah ditetapkan.

“Dari tanggal selesainya evaluasi tersebut maka dalam jangka 15 hari meskipun belum adanya konfirmasi dari Pemprov Banten itu dianggap sudah sah ditetapkan dan untuk saat ini 15 hari itu sudah terlewati. Itu aturan dari Permendagri Karena Pemprov sifatnya hanya meneliti yang tetap mengacu hasil konfirmasinya. Bahkan draf naskahnya pun sudah final juga dan bisa digunakan,” katanya menjelaskan.

Rachmat menambahkan bahkan saat ini setelah Pemkab Serang melakukan evaluasi penggunaan anggaran APBD 2013 di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pihaknya sudah melakukan proyeksi terhadap penggunaan APBD 2014, salah satunya proses dimulainya lelang untuk anggaran pembangunan yang bersifat fisik.

“Sekarang ini saja kami sudah melakukan pembahasan lelang sejumlah pengerjaan proyek yang sumber pendanaannya dari APBD 2014. Untuk lelang sendiri di tahun ini (2014, red) akan kami terapkan 100 persen lelang elektronik,” katanya.

Sebelumnya Kabag Anggaran dan Perbendaharaan Setda Kabupaten Serang, Soleh Muslim mengungkapkan hal senada. Ia menuturkan jika APBD 2014 sudah tidak ada masalah dan untuk saat ini hanya tinggal menunggu penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dari setiap SKPD. Setelah selesai baru anggaran dikucurkan dan dimulai pelaksana programnya.

“Sedangkan untuk APBD Kabupaten Serang tahun ini senilai Rp1,82 triliun yang terbagi Rp1,58 triliun dari sektor pendapatan dan belanja Rp1,82 triliun sehingga ada defisit sebesar Rp234,45 miliar,” tuturnya.(Ant)

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...