Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Arab Saudi – Iran Memanas, Presiden Jokowi Segera Kirim Utusan Khusus Untuk Damaikan

Arab Saudi – Iran Memanas, Presiden Jokowi Segera Kirim Utusan Khusus Untuk Damaikan

presiden jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan segera mengirimkan utusan khusus merespon konflik Saudi Arabia dan Iran. Hal tersebut menjadi bukti keseriusan Indonesia untuk meredam ketegangan antara Arab Saudi-Iran yang kian memanas.

“Saya minggu depan akan kirim utusan khusus untuk ke Iran dan Saudi. Nanti saya sampaikan setelah akan berangkat tapi secepatnya, mungkin berangkat hari Senin, Selasa atau bisa lebih cepat,” ujar Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Jumat (8/1), setelah acara makan bersama wartawan seperti dilansir sebuah media online.

Presiden menilai, ketegangan yang terjadi antara Arab Saudi dan Iran tersebut sangat penting untuk segera diredakan. Untuk itu, pengiriman utusan khusus merupakan upaya yang mendesak dan sangat penting.

Pengiriman utusan khusus itu, kata Presiden Jokowi, juga untuk memberikan pesan bahwa Indonesia serius untuk mencari solusi mengatasi ketegangan yang terjadi antara Arab Saudi dan Iran itu.

Presiden mengungkapkan, ke depan, Indonesia akan menawarkan diri menjadi mediator dalam ketegangan dua negara itu.

“Kalau menelepon itu berbeda maksudnya tapi kalau mengirim utusan khusus itu bahwa kita memang ingin serius betul kalau telepon yah saya bisa saja,” ujarnya.

Seperti diketahui kalau hubungan diplomatik Saudi Arabia dan Iran memburuk pasca Saudi mengeksekusi 47 orang yang sebagian besar didakwa terorisme, termasuk ulama syiah Nimr al-Nimr. Pemerintah Saudi menganggap Nimr melakukan aksi terorisme hingga memicu terjadinya protes anti-pemerintah pada 2011 dan 2012.

Eksekusi pada Nimr itu kemudian mengundang kecaman dari warga Iran yang mayoritas penganut syiah. Sejumlah aksi digelar di negara itu, bahkan Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran pun menjadi lokasi unjuk rasa terhebat sampai dilempari bom molotov.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...