Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Arab Saudi Suntik Rp 13 Triliun ke Proyek Piknik Luar Angkasa

Arab Saudi Suntik Rp 13 Triliun ke Proyek Piknik Luar Angkasa

[ad_1]

Jakarta – Pemerintah Arab Saudi akan berinvestasi sebesar USD 1 miliar atau sekitar Rp 13,6 triliun ke perusahaan milik Richard Branson, tepatnya Virgin Galactic, yang mempunyai proyek piknik ke luar angkasa.

Tak cuma Virgin Galactic yang kebagian suntikan dana, melainkan juga perusahaan spinoff-nya, yaitu Spaceship Company dan Virgin Orbit. Ke depannya, Arab Saudi juga punya opsi untuk menambah suntikan dana sebesar USD 480 juta ke perusahaan tersebut.

Uang dari suntikan dana itu akan dipakai untuk menggenjot proyek piknik ke luar angkasa, dan mempercepat pengembangan kendaraan baru yang akan dipakai untuk mengirimkan sebuah satelit kecil ke orbitnya.

Suntikan dana ini adalah bagian dari kerja sama baru antara Arab Saudi dengan Virgin, yang nota kesepahamannya ditandatangani baru-baru ini. Dana tersebut akan diambil dari Public Investment Fund milik negara tersebut yang biasanya digunakan untuk berinvestasi baik secara domestik maupun internasional.

Namun perjanjian ini saat ini masih tertunda karena masih menunggu persetujuan dari pemerintah Amerika Serikat, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (27/10/2017).

Belum jelas perusahaan mana yang akan mendapat suntikan dana lebih dahulu, namun dua program luar angkasa Virgin saat ini berada dalam tahap krusial untuk pengembangannya.

Mereka adalah Virgin Galactic, yang bertujuan untuk mengembangkan program penerbangan ke luar angkasa untuk manusia, dan Virgin Orbit yang mengembangkan LauncherOne, yang bertujuan untuk meluncurkan satelit kecil ke orbitnya.

Saat ini Virgin Galactic tengah menguji sebuah pesawat baru bernama VSS Unity, yang didesain untuk meluncur dari sebuah pesawat lain dan membawa orang ke luar angkasa untuk merasakan sensasi grativasi nol selama beberapa menit. (asj/fyk)

[ad_2]
Source link

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

[ad_1] Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta ...