Home / Berita / Dunia / Arab Saudi Tahan 299 Jemaah Haji Indonesia, Kenapa?

Arab Saudi Tahan 299 Jemaah Haji Indonesia, Kenapa?

“Jadi sekarang mereka berada di tahanan, sekitar 50 kilometer dari Mekkah” ungkap Retno, Jumat (9/9/2016) malam.

arab-saudi-tahan-299-jemaah-haji-indonesia-kenapa

Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi mengungkapkan bahwa saat ini ada 229 warga negara Indonesia yang mengalami masalah hukum saat menunaikan ibadah haji di Arab Saudi. Hal itu ia ketahui berdasarkan komunikasi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah.

“Jadi sekarang mereka berada di tahanan, sekitar 50 kilometer dari Mekkah. Yang perempuan dan laki-laki dipisah. Tapi KJRI sudah mendapatkan akses untuk bertemu dengan mereka” ungkap Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (9/9/2016) malam.

Retno mengatakan jika sebagian dari mereka ditahan karena tidak memiliki izin untuk menunaikan ibadah haji. Ada juga yang memiliki izin, tetapi mereka berada di Tanah Suci lebih lama dari izin yang dikantongi. Retno memastikan bahwa kondisi para jemaah haji yang ditahan dalam keadaan baik dan sehat.

“Dan setelah liburan haji ini, KJRI akan bertemu lagi dengan mereka dan memastikan kami akan melakukan pendampingan hukum terhadap lebih dari 200-an warga kita” tambah Retno.

Menlu mengaku sudah berkomunikasi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly terkait masalah ini. Ia memastikan akan ada tindakan sehingga hal seperti ini tidak terjadi setiap tahunnya.

“Dan tentunya untuk menghindari kejadian serupa terjadi lagi sudah bukan merupakan porsi besarnya Kemenlu, tapi Kapolri” pungkas Retno.

 

Baca Juga

Jokowi Ingin Bangun 1.800 Km Jalan Tol di 2019, Yakin Tercapai?

Bogor – Program yang digenjot oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dalam tiga tahun terakhir adalah ...