Home / Headline / Asam Mefenamat:Khasiat, Penggunaan dan Efek Samping

Asam Mefenamat:Khasiat, Penggunaan dan Efek Samping

ASAM-MEFENAMAT-STRIP-424

Kenapa obat ini diresepkan?

Asam mefenamat digunakan untuk meredakan sakit ringan hingga sakit tingkat menengah termasuk sakit menstruasi (rasa sakit yang terjadi saat masa menstruasi). Asam mefenamat termasuk dalam kelas obat yang disebut NSAIDs (nonsteroidal anti-inflammatory drugs). Obat ini bekerja dengan cara menghentikan produksi zat penyebab rasa sakit, demam dan peradangan pada tubuh.

Bagaimana obat ini seharusnya digunakan?

Asam mefenamat dikemas dalam kapsul untuk diminum. Biasanya diminum setelah makan setiap enam jam sekali hingga 1 minggu. Ikuti petunjuk label kemasan obat dengan hati-hati, dan tanyakan pada dokter bagian-bagian yang tidak Anda mengerti. Konsumsi asam mefenamat seperti yang ditulis dalam label. Jangan lakukan kurang atau lebih dari petunjuk dokter.

Penggunaan lain obat ini

Obat ini kadang-kadang diresepkan bersama obat lain; tanyakan pada dokter Anda informasi lebih lanjut.

Petunjuk khusus apa yang harus saya ikuti?

Sebelum mengkonsumsi asam mefenamat

-Beritahukan dokter jika Anda alergi terhadap asam mefenamat, aspirin atau obat NSAIDs lainnya seperti ibuprofen dan naproxen, dan obat lain atau kandungan tidak aktif lain yang ada dalam kapsul asam mefenamat.

-Beritahukan dokter jika Anda mengkonsumsi atau berencana untuk mengkonsumsi obat resep dan non resep, vitamin, suplemen nutrisi dan produk herbal. Pastikan Anda menyebutkan obat-obat yang ada di bawah ini jika kalian mengkonsumsinya: antasida, penghambat enzim pengubah angiotensis seperti benazepril, captopril, enalapril, fosinopril, lisinopril, moexipril, perindopril, quinapril, ramipril, dan trandolapril, amiodraone, efavirenz, fluconazole, fluvastatin, metronidazole, lithium, lovastatin, methotrexate, ritonavir, sulfamethoxazole, sulfinpyrazone, trimethoprim, dan zafirlukas. Dokter Anda mungkin akan mengubah dosis obat atau mengawasi Anda untuk melihat adanya efek samping.

-Beritahukan dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki kondisi-kondisi yang disebutkan di bawah ini misalnya asma. Jika Anda sering mengalami hidung berair, pembengkakan tangan, kaki, pergelangan, atau kaki bawah, penyakit hati atau ginjal.

-Beritahukan dokter Anda jika Anda hamil, terutama jika usia kandungan baru beberapa bulan, jika Anda berencana hamil atau menyusui. Jika Anda baru hamil saat sedang mengkonsumsi obat ini, hubungi dokter Anda.

-Jika Anda akan menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beritahukan dokter atau dokter gigi jika Anda mengkonsumsi asam mefenamat.

Instruksi khusus apakah yang harus saya ikuti terkait dengan makanan?

Kecuali dokter Anda memerintahkan Anda berpantang makanan atau minuman tertentu, teruskan pola makan Anda yang biasanya.

Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa minum obat?

Minumlah dosis yang Anda lupakan segera setelah Anda mengingatnya. Akan tetapi jika Anda mengingatnya saat akan mendekati waktu untuk minum dosis obat berikutnya, teruskan minum dosis berikutnya. Jangan minum dua dosis untuk mengganti dosis yang terlupakan.

Apa efek samping dari penggunaan obat ini?

Asam mefenamat bisa menyebabkan efek samping. Beritahukan dokter jika ada beberapa gejala di bawah:

-diare

-sembelit

-mulas atau gas perut

-sakit kepala

-pusing

-nervous

-telinga mendengung

Beberapa efek bisa berakibat fatal. Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut, hubungi dokter Anda segera. Hentikan konsumsi asam mefenamat sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter:

-penglihatan kabur

-penambahan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

-demam

-kulit melepuh

-kulit kemerahan

-gatal

-mata, wajah, bibir, lidah, tenggorokan, tangan, kaki, pergelangan kaki, kaki bawah bengkak

-kesulitan bernafas atau menelan

-kulit pucat

-detak jantung cepat

-rasa lelah berlebih

-lemas

-pendarahan yang tidak wajar atau memar

-mual

-kehilangan selera makan

-rasa sakit di bagian kanan atas perut

-gejala-gejala seperti flu

-kulit atau mata kuning

-urin berdarah, keruh atau berwarna

-sakit punggung

-kesulitan atau sakit saat kencing

Apa yang harus saya ketahui tentang penyimpanan dan pembuangan obat ini?

Simpan obat dalam kemasan yang diberikan saat Anda membelinya, tertutup rapat dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Simpan obat ini dalam suhu ruangan dan jauhkan dari panas berlebih dan kelembaban. Buang obat jika sudah kadaluarsa.

Gejala-gejala overdosis obat ini termasuk:

-rasa lelah berlebih

-mual

-muntah

-sakit perut

-muntah darah atau muntah cairan berwarna bubuk kopi

-buang air besar berdarah atau berwarna hitam

-nafas melambat

-koma (kehilangan kesadaran dalam beberapa waktu)

Informasi lain apakah yang perlu saya tahu?

Sebelum melakukan tes laboratorium apapun, beritahukan dokter atau tenaga laboratorium bahwa Anda mengkonsumsi asam mefenamat.

Jangan biarkan orang lain mengkonsumsi obat Anda.

 

Baca Juga

Arab Saudi Dirikan Badan Baru Cegah Hadis Tak Disalahgunakan Teroris

Jakarta – ReutersRajaSalman ingin ada lembaga yang memastikan hadits tidak disalahgunakan oleh kelompok radikal. Kerajaan ...