Home / Berita / Regional / Asap Sudah Masuk Rumah, Warga Mulai diserang Batuk Ketika Bangun Tidur

Asap Sudah Masuk Rumah, Warga Mulai diserang Batuk Ketika Bangun Tidur

KABUT ASAP SELIMUTI ACEH

Tampaknya kebakaran hutan yang menimbulkan asap, telah menyerang sejumlah wilayah di tanah air. Di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, jarak pandang kini hanya tersisa 50 meter. Sebab daerah tersebut diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Jarak pandang semakin pendek, hanya sekira 50 meter sejak pukul 06.00 Wita hingga pukul 08.00 Wita,” tutur warga Karang Anyar Banjarbaru Utara, Dedi, Rabu (16/9).

Ditambahkan olehnya, kabut asap yang menyelimuti komplek perumahannya dan jalan-jalan perkotaan lebih pendek dibanding dua hari belakangan. Kalau sebelumnya jarak pandang di sana masih lebih dari 100 meter.

Kepekatan kabut asap juag membuat pengendara motor harus memakai masker atau penutup hidung dan mulut. Hal itu dilakukan agar terhindar dari penyakit pernafasan.

“Saya dan anak, termasuk hampir seluruh pengendara motor memakai masker. Mata juga perih akibat kena kabut,” ungkap Dedi.

Disamping memenuhi seluruh ruang terbuka, penyerangan kabut asap cukup tebal juga memenuhi rumah sejak subuh tadi.

Napas anak saya, katanya, sampai sesak dan terbatuk-batuk saat bangun tidur karena kabut asap memenuhi seluruh ruangan dalam rumah.

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...