Home / Berita / Regional / Asyik…Mulai Hari Ini, Surabaya Terapkan Karcis Parkir Berhadiah Langsung

Asyik…Mulai Hari Ini, Surabaya Terapkan Karcis Parkir Berhadiah Langsung

parkir ilustrasi

 

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menerapkan kebijakan karcis parkir berhadiah langsung tanpa diundi bagi kendaraan roda dua, roda empat hingga bus pariwisata mulai 1 Maret 2016.

“Pada karcis parkir model baru terdapat hologram yang dapat digosok. Jika beruntung, masyarakat bisa mendapat hadiah menarik seperti helm, blender, kipas angin, dispenser hingga oli motor. Hadiah dapat diambil di kantor Dishub,” ujar Plt. Kadishub Surabaya Irvan Wahyu Drajat kepada wartawan di Kantor Terminal Joyoboyo, Senin (29/1) seperti dilansir Antara.

Menurutnya, karcis parkir keluaran terbaru dilengkapi dengan hologram pengaman, sehingga bukti sah pengguna jasa parkir itu tidak mudah dipalsukan.

Dishub sebelumnya pernah menerapkan karcis parkir berhadiah, hanya mekanismenya diundi tahunan.

“Kalau diundi setiap tahun sepertinya kurang menarik bagi masyarakat. Makanya, tahun ini kita ubah dengan sistem hadiah langsung,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Irvan, kalau pihaknya menyiapkan 900 item hadiah. Disamping itu, Dishub juga sedang menjajagi kerja sama dengan pihak swasta untuk penambahan hadiah.

“Jadi, bagi yang belum beruntung karcisnya jangan buru-buru dibuang. Nanti mungkin ada program undian balot tapi ini masih dalam tahap penjajagan,” paparnya.

Dengan penerapan karcis parkir berhadiah langsung ini bertujuan untuk memacu agar para pengguna jasa parkir meminta karcis dari jukir. Hal itu bermanfaat untuk mengurangi potensi kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir TJU.

Sementara itu Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Jawa Timur Said Sutomo mengatakan bahwa kebijakan parkir berhadiah langsung ini diapresiasi positif. Ia menuturkan, karcis parkir berfungsi sebagai dasar bukti pengaduan konsumen.

Dia mengimbau masyarakat meminta karcis sebagai perlindungan terhadap dirinya.

“Kalau Dishub punya inisiatif seperti ini (parkir berhadiah langsung), itu sangat bagus,” ungkapnya.

 

 

 

 

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...