Home / Berita / Ibu Kota / Atasi Kemacetan, Ahok Ingin Percepat ERP Sistem Gantry, Apa Itu?

Atasi Kemacetan, Ahok Ingin Percepat ERP Sistem Gantry, Apa Itu?

239.macet

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok mengungkapkan kalau pihaknya ingin segera menerapkan jalan berbayar berbasis elektronik atau electronic road pricing (ERP). Sistem ini diyakini memiliki keunggulan dan memudahkan proses pembayaran dengan tarif yang berbeda-beda sesuai kondisi kemacetan lalu lintas.

Walau demikian, Ahok mengaku ada perubahan penerapan teknologi untuk menerapkan pengendalian kendaraan ini. Menurut Ahok, awalnya ERP akan memakai satelit seperti yang tengah dikembangkan di Singapura tetapi setelah dievaluasi diubah dengan sistem titik kontrol atau gantry.

“ERP yang jelas mau kami percepat, pakai yang sistem gantry (titik kontrol). Kan ada teknologi baru pakai satelit. Tapi mungkin Singapura mau implementasi 2018, kalau tunggu dia implementasi, masa ketunda lagi bisa 2019. Kalau gitu kami pasang dulu sistem yang ada,” papar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (8/6).

Ditambahkan oleh Ahok, cara kerja sistem ini adalah setiap kendaraan yang melewati titik kontrol atau gantry secara otomatis akan dikenai biaya. Ujicoba sistem ini telah dilakukan sejak tahun 2014 lalu.

Ahok mengharapkan, penerapan sistem ini dapat segera dilakukan sebelum pelaksanaan Asian Games 2018. Karena untuk tahap awal setidaknya ada dua gerbang yang sudah dibangun, Jalan Sudirman oleh Kaphs dan di Jalan Rasuna Said oleh Q-free.

“Mudah-mudahan Asian Games sudah siap. Kalau ERP jalan dan penghasilan baik, kami bisa subsidi silang. Hampir enggak bayar bus semua di Jakarta. Itu namanya mengadministrasi keadilan,” imbuhnya.

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...