Home / Bola / Aturan Baru Premier League : Pemain Pura-pura Cedera diusir Keluar Lapangan

Aturan Baru Premier League : Pemain Pura-pura Cedera diusir Keluar Lapangan

PremierLeagueLogo

Salah satu liga terbesar di dunia, kompetisi Premier League (EPL) musim 2015/16 akan bergulir pekan ini. Bagi para pemain dan staf perlu mengetahui sejumlah hal baru berkaitan dengan peraturan yang menyangkut penegakan disiplin di lapangan, ketentuan offside dan bola yang akan digunakan dalam kompetisi kasta tertinggi di Inggris itu.

Ada perubahan terbesar dalam musim tahun ini yakni menyangkut penegakan disiplin pemain yang berpura-pura mengalami cedera. Pemain yang kedapatan berpura-pura cedera akan diusir keluar dari lapangan. Oleh karenanya, para manajer perlu mencermati peraturan tertulis mengenai perilaku pemain, sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Kemudian ada pula ketentuan yang lebih tegas berkaitan dengan peraturan mengenai offside. Ketentuan baru menggariskan bahwa para pemain “yang berusaha memainkan bola” akan terkena peraturan offside.

Disamping itu, pemain yang berpura-pura mengalami cedera akan terkena suspensi. Contoh pada Februari 2014, striker West Ham Andy Caroll diusir keluar lapangan karena menyikut bek Swansea Chico Flores.

Perilaku Caroll itu menyebabkan ia diganjar larangan bertanding dalam tiga laga ke depan. Hanya saja dalam penyelidikan lebih lanjut Flores ternyata berpura-pura mengalami cedera. Ia akhirnya diusir dari lapangan.

Peraturan selanjutnya, di area staf pendukung tim dan arena tim teknis. Bila saja didapati bahwa ada manajer yang menendang botol air minum di area tim teknis maka perilaku itu dapat dipandang sebagai perilaku yang sarkastis.

Ganjaran perlakuan seperti itu, wasit bisa memberi peringatan kepada pemain atau pelatih.

Menurut Ketua Eksekutif Premier League, Richard Scidamore menyatakan,”Sedikit opera sabun bolehlah…Tidak bisa dihindari ada momen yang tidak terkendali.”

Misalnya saja pada April 2014, staf pelatih Chelsea, Rui Faria diusir karena terlibat adu mulut dengan wasit Mike Dean. Keributan terjadi ketika wasit memberi hadiah penalti kepada lawan. Manajer Leicester City Nigel Pearson dihukum federasi sepak bola Inggris (FA) musim lalu karena ia terlibat pertengkaran dengan gelandang Crystal Palace James McArthur, sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Untuk musim 2015/16 EPL musim ini akan menggunakan jenis bola Nike Ordem 3. Laga antara Manchester United melawan Tottenham Hotspur pada Sabtu pekan ini merupakan pertandingan pertama yang menggunakan bola jenis itu.

Bola yang dipakai diklaim bakal tidak menyulitkan penjaga gawang. Pembuat bola menyatakan, “bola dijamin bakal melenting seimbang, punya pergerakan yang konsisten dan punya visibilitas yang maksimal.”

 

 

 

 

 

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...