Home / Berita / Nasional / Aturan Calon Independen Diubah, Ini Reaksi Jokowi

Aturan Calon Independen Diubah, Ini Reaksi Jokowi

Aturan Pilkada terkait calon independen yang menurut wacana akan diubah, rupanya mendapat rekasi dari Presiden Joko Widodo.

Aturan Calon Independen Diubah, Ini Reaksi Jokowi

Seperti yang diungkapkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Presiden Jokowi menilai aturan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada yang mengatur calon independen masih sudah cukup baik. Karena itu menurut Jokowi, tidak perlu ada perubahan.

“Kemarin ‎dalam rapat terbatas, Presiden juga memberikan arahan mengenai hal itu. Posisi pemerintah sampai hari ini menganggap bahwa hal yang berkaitan dengan independen sudah cukup diatur dalam UU 8 2015” ungkap Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Rabu (16/3/2016).

Pernyataan Jokowi itu, kata Pramono akan menjadi acuan bagi pemerintah saat membahas revisi UU Pilkada dengan DPR. ‎ Meski begitu kata Pramono, pemerintah mempersilakan jika Komisi II DPR ingin mengajukan perubahan saat revisi UU Pilkada.

“Kewenangan untuk melakukan perubahan UU itu kan memang ada di DPR dan juga di pemerintahan. Tentunya harus dibahas kedua belah pihak, tetapi sikap pemerintah seperti itu. P‎emerintah menanggap UU 8 tentang independen itu sudah cukup baik diatur” pungkas Pramono.

Seperti yang diketahui jika Komisi II DPR memperberat syarat dukungan KTP bagi calon independen menjadi sekitar 10-20 persen dari jumlah pemilih pada pemilu sebelumnya. Namun beberapa pihak menganggap jika aturan itu, bisa saja dimaksudkan untuk menghalang-halangi calon independen.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...