Home / Berita / Ibu Kota / Awas Parkir Sembarangan, Mobil akan Diderek dan Didenda Rp500 Ribu

Awas Parkir Sembarangan, Mobil akan Diderek dan Didenda Rp500 Ribu

Parkir Liar di Jakarta akan diderekUji coba penertiban parkir liar dengan metode derek akan diterpkan oleh Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta mulai hari ini, Senin (8/9/2014) di lima lokasi, yakni Tanah Abang, Kalibata City, Marunda, Beos, dan Jatinegara.

Kendaraan yang terkena razia nantikan akan dikenakan biaya retribusi Rp500 ribu per hari. Apabila pemiliknya tidak mengambil kendaraan yang ditahan di tempat penahanan dalam dua hari, retribusinya akan bertambah menjadi Rp1 juta.

Di luar denda retribusi, pastinya para pemiluk mobil pribadi bertanya-tanya, bagaimana jika saat akan diderek, mobil direm tangan atau gigi kendaraan masuk? Apakah tidak merusak mobil bila tetap diderek?

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan bahwa untuk menderek mobil yang direm tangan, petugas akan menggunakan derek otomatis sehingga tidak merusak kendaraan.

“Kalau dengan derek manual kan bisa terjadi kerusakan kita gunakan derek otomatis,” kata Syafrin.
Dengan derek otomatis, kata Syafrin, kerusakan kendaraan bisa dihindari petugas.

Jumlah derek yang dikerahkan dalam operasi penertiban parkir liar sebanyak 42 unit, 14 unit di antaranya derek otomatis.

Syafrin mengakui jumlah derek yang ada masih terbatas, mengingat permasalahan parkir liar di lima lokasi prioritas tersebut sangat kompleks.

Oleh karena itu, bila derek yang ada sudah tidak mampu lagi menangani seluruh kendaraan yang melanggar, maka akan diberlakukan hukuman cabut pentil ban kendaraan.

“Jadi, kita kombinasikan, derek dan cabut pentil,” kata Syafrin seperti dilansir dari suara.com

Selama penertiban, kata Syafrin, Dinas Perhubungan dibantu oleh polisi dan Garnisun.

Uji coba penertiban parkir liar dengan derek dan denda Rp500 ribu akan dilakukan dalam sebulan ini. Bila sukses, akan dilaksanakan lagi di lokasi-lokasi lain di Jakarta.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...