Home / Berita / Dunia / Bagi Turis Wanita, Hati-Hati Jika Berlibur Ke India

Bagi Turis Wanita, Hati-Hati Jika Berlibur Ke India

Hotel Agra Mahal India
Hotel Agra Mahal India

India, Aktualpost.com – Kasus pemerkosaan terhadap turis wanita semakin marak terjadi di India. Para traveler terutama kaum wanita, baik yang sendiri atau beramai-ramai pun diminta waspada.

Beberapa hari ke belakang, berita mengenai pelecehan seksual dan pemerkosaan, terutama pada turis wanita di India begitu ramai. Para turis pun mulai waspada agar hal serupa tak menimpanya.

Saat ini, promosi pariwisata India sedang dilakukan besar-besaran. Dampaknya pun terlihat, banyak turis yang berbondong-bondong datang ke negara ini. Sayangnya, berita miring soal keamanan malah membuat turis, khususnya turis wanita, ketakutan.

Beberapa berita tersebut seperti yang dialami turis asal Inggris. Ia mengalami mengalami patah kaki setelah berusaha melompat keluar dari jendela hotel di utara Agra, pada hari Selasa (19/3) kemarin.

Menurut polisi, wanita ini melompat karena takut mengalami pelecehan seksual. Bukan tanpa sebab, rasa takut itu timbul setelah ada dua orang pria yang memaksa masuk ke dalam kamarnya.

Meskipun berbagai tindakan kriminal dan pelecehan seksual memang telah dilaporkan. Namun pemerintah India mengatakan tidak perlu ada peringatan khusus.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS, menulis dalam website resminya untuk meminta traveler wanita lebih memerhatikan berbagai tindakan pencegahan. Beberapa tindakan tersebut seperti menghindari pergi sendirian menggunakan taksi, terutama malam hari.

Tak hanya AS, Inggris juga mengeluarkan peringatan kepada turis wanitanya agar berhati-hati. Ini tak hanya untuk single traveler, tapi juga wanita yang berlibur secara berkelompok.

Di balik banyaknya tudingan tentang ancaman keselamatan di India, Direktur Eksekutif Asosiasi Operator Perjalanan India, mengatakan tidak adil menggambarkan India sebagai tempat yang berbahaya.

“Industri kami adalah korban pertama ketika kejahatan terhadap orang asing dilaporkan di India. Namun laporan tersebut tidak selalu mencerminkan kebenaran,” katanya.

“Wisatawan harus bertanggung jawab. Mereka harus mengikuti beberapa hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan,”

Salah seorang pejabat pemerintah di Madhya Pradesh, mengatakan kalau wisatawan harus menginformasikan ke polisi setempat setiap kali mereka pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Tapi banyak yang menganggap itu bukanlah saran yang realistis. Apalagi sebagian besar wisatawan sering mengalami pemerasan.

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta detikHot ...