Home / Bisnis / Bank Mandiri Akan Akuisisi BTN

Bank Mandiri Akan Akuisisi BTN

Bank Tabungan Negara (BTN) disebut-sebut akan diakusisi oleh Bank Mandiri. Kabar ini dibenarkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, yang mengatakan bahwa BTN bakal bernaung di bawah pengelolaan Bank Mandiri.

“BTN menjadi anak usaha Mandiri. Jadi, BTN nggak dihilangkan dan nggak dilebur, tapi diperkuat. Ini masih tahap awal tapi akan dijalankan,” ungkap Dahlan Iskan di Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Dahlan Iskan melanjutkan, bersama Bank Mandiri, nantinya BTN akan lebih difokuskan untuk menangani masalah perumahan rakyat melalui Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Pasalnya, rakyat Indonesia masih banyak yang membutuhkan rumah dengan berbagai kemudahan yang bisa difasilitasi oleh BTN.

Dengan diakusisinya BTN oleh Bank Mandiri, kata Dahlan Iskan, maka BTN akan lebih fokus dalam menangani masalah perumahan rakyat. Sedangkan urusan lainnya menjadi tanggungjawab Bank Mandiri nantinya akan berperan sebagai induk dari BTN.

“BTN punya misi atasi kekurangan perumahan rakyat. Antara perlunya rumah dan kemampuan BTN itu jauh. Kita kurang rumah 1,5 juta per tahun. Ukuran BTN sekarang nggak mampu penuhi itu. BTN harus dapat kuda besar, jangan lari kencang naik pakainya keledai,” papar Dahlan Iskan.

Mantan Direktur Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan CEO Jawa Pos itu menambahkan, bergabungnya BTN ke dalam pengelolaan Bank Mandiri akan memperkuat posisi tawar bank Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

“Kehebatan BTN dengan Mandiri, Indonesia langsung punya bank yang melebihi bank di Malaysia. Selama ini bank kita nggak masuk peta Asia Tenggara. Bank terbesar pertama ya Singapura, terbesar kedua Malaysia, terbesar ketiga ya Thailand,” beber Dahlan Iskan.

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...