Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Bantuan untuk Tolikara Terus Mengalir, Sekitar Rp 2 Miliar sudah Terkumpul

Bantuan untuk Tolikara Terus Mengalir, Sekitar Rp 2 Miliar sudah Terkumpul

Bantuan untuk Tolikara terus mengalir, Sekitar Rp 2 Miliar sudah Terkumpul

Pandji Pragiwaksono
Pandji Pragiwaksono

Jakarta –  Menyusul aksi pembakaran rumah dan masjid di Kabupaten Tolikara, Papua 17 Juli lalu, gerakan aksi untuk membantu para korban terus mencuat di berbagai tempat. Kalangan ulama, artis, cendekiawan, tokoh agama dan tokoh masyarakat bersatu untuk menggalang bantuan guna mendirikan masjid dan rumah yang dibakar tersebut.  Sampai Rabu 22 Juli, sekitar Rp 2 miliar telah terkumpul dari gerakan tersebut.

Salah satu komunitas penggalang bantuan itu adalah  Komat atau Komite Umat untuk Tolikara. Dalam sehari, komunitas ini berhasil mengumpulkan uang Rp 1,3 miliar untuk korban insiden di Tolikara, Papua.

“Hingga Rabu pagi, kami sudah mengumpulkan uang Rp 1,3 miliar,” kata Mustofa kepada wartawan usai menemui Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo, di kantor Panglima TNI, Jakarta Pusat, Rabu siang.

Mustofa mengatakan kelompoknya didukung berbagai lembaga pendanaan dan ulama-ulama besar. Tgak heran dalam waktu singkat uang dalam jumlah besar dapat terkumpul. Untuk pemakaian anggaran itu, Komat masih menunggu hasil penelusuran dari tim yang kini sudah berada di Tolikara.

Bila uang tersebut memang dibutuhkan untuk membangun Masjid Baitul Muttqin dan bangunan lainnya yang terbakar akibat insiden pada hari raya Idul Fitri lalu, (17/7), Mustofa mengatakan pihaknya siap melakukan hal itu.

Selain Komat, gerakan bangun masjid Tolikara juga dikampanyekan kalangan selebriti, salah satunya  presenter dan komika  Pandji Pragiwaksono. Bersama rekan-rekannya, mereka  berhasil mengumpulkan dana Rp 283 juta yang diperuntukkan membangun kembali masjid di Tolikara, Papua. Dana itu dikumpulkan dari donasi yang dikirimkan melalui situs crowdfunding Kitabisa.com.

Awalnya proyeksi ‘Bangun Kembali #MasjidTolikara Papua’ menargetkan dana yang terkumpul Rp 200 juta. Namun ternyata banyak masyarakat Indonesia yang peduli dan ingin berperan serta untuk membangun masjid di Tolikara itu, hingga dana yang dikumpulkan melebihi target, yakni Rp 283 juta.

Para politisi tidak mau kalah.  PKS dan sejumlah partai Islam lain juga melakukan hal yang sama untuk mendorong pembangunan masjid yang dibakar tersebut.  Rhoma Irama yang baru saja mendeklarasikan Partai Idaman, juga aktif menggalang dana bagi Tolikara.  Namun Rhoma dan partai politik lainnya belum mengungkapkan jumlah dana yang mereka dapatkan. Proses penggalangan masih berlangsung.

Penggalangan dana juga digagas dari berbagai daerah, salah satunya  Pemerintah kota Surabaya. Penggalangan dana di kota ini ditandai pembukaan posko kemanusiaan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di Balai Kota Surabaya, Rabu, 22 Juli 2015. Posko menampung sumbangan masyarakat yang turut bersimpati terhadap korban, yang difokuskan penggunaannya untuk rehabilitasi kios, rumah dan tempat ibadah yang rusak.

“Kami membuka posko untuk membantu masyarakat Papua membangun kembali rumahnya, termasuk kios dan masjid,” kata Risma di Balai Kota Surabaya, Rabu, 22 Juli 2015. Sumbangan akan diberikan dalam bentuk uang agar warga setempat mudah memanfaatkannya sesuai prioritas. Adapun posko kemanusiaan dibuka selama sepekan. Tujuh hari ke depan,  Pemerintah Surabaya akan mengumumkan jumlah dana yang didapatkan dari aksi sosial ini.

Melihat banyaknya antusias masyarakat membantu Tolikara, pada pekan ini saja diperkirakan dana yang sudah terkumpulkan mencapai Rp 2 miliar.  Dana ini diluar anggaran Pemerintah yang akan mengirimkan bantuan senilai Rp 1 miliar.  ***

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...

One comment

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    gimana komen saya gak jadi yang no-1 lha wong status nya Video Aneh keren keq gini..

    <3 New post (Bantuan untuk Tolikara Terus Mengalir, Sekitar Rp 2 Miliar sudah Terkumpul) has been published on Aktual Post

    hehehe.. Met Malem aja dah Video Aneh