Home / Bola / Barcelona dan Man United Beda Pot, Bisa Satu Grup di Liga Champion 2015!

Barcelona dan Man United Beda Pot, Bisa Satu Grup di Liga Champion 2015!

Pot 1

UEFA telah memastikan tim-tim yang akan menempati empat pot jelang dilakukannya undian fase grup Liga Champions 2015. Barcelona sebagai juara bertahan otomatis berada di peringkat pertama dan mereka bisa berada satu grup dengan Manchester United nantinya karena tim asuhan Louis van Gaal tersebut nangkring di pot dua bersama Real Madrid dan Atletico Madrid.

Masing-masing pot diisi delapan tim dan pot pertama terdapat sang juara bertahan Barcelona dan tujuh juara liga dari tujuh negara dengan koefisien terbaik di UEFA. Berhubung Barcelona musim lalu menyandang gelar sebagai juara bertahan Liga Champions sekaligus juara Liga Spanyol, maka otomatis juara dari liga negara peringkat delapan UEFA masuk ke pot satu dan yang beruntung kali ini adalah PSV Eindhoven.

Pot kedua diisi oleh banyak tim elite yang sayangnya bukan status juara bertahan atau juara di liga masing-masing musim lalu. Maka jangan heran jika tim sekelas Real Madrid, Atletico, atau Arsenal harus berada di pot yang lebih rendah dibanding PSV, Benfica, atau Zenit di pot pertama.

Secara garis besar, tim-tim yang menempati pot kedua hingga keempat sudah diurutkan dengan nilai koefisien mereka di rangking UEFA. Maka, jangan heran pula jika di pot empat atau paling akhir ada tim seperti Wolfsburg yang memang nilai koefisiennya masih rendah dibanding Olympiakos di pot 3.

UEFA tidak akan mengizinkan ada dua klub dari satu negara bertemu di fase grup ini meski mereka berbeda pot dan setiap grup nanti akan diisi oleh empat klub dari empat pot berbeda. Jadi, menarik bukan jika nantinya ada satu grup yang berisi tim-tim seperti Barcelona (pot 1), Man United (pot 2), Roma (pot 3), dan Wolfsburg (pot 4)?

Berikut adalah daftar lengkapnya:

Pot 1: Barcelona, Chelsea, Bayern Munchen, Juventus, Benfica, PSG, Zenit, PSV

Pot 2: Real Madrid, Atletico Madrid, Porto, Arsenal, Manchester United, Valencia, Bayer Leverkusen, Manchester City

Pot 3: Shakhtar Donetsk, Sevilla, Lyon, Dynamo Kyiv, Olympiakos, CSKA Moscow, Galatasaray, AS Roma

Pot 4: BATE Borisov, Borussia Monchengladbach, Wolfsburg, Dinamo Zagreb, Maccabi Tel Aviv, Gent, Malmo, Astana

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...