Home / Bola / Barcelona Dihukum FIFA, Dilarang Aktif di Bursa Transfer Hingga 2015!

Barcelona Dihukum FIFA, Dilarang Aktif di Bursa Transfer Hingga 2015!

Barcelona

Kesialan harus diterima oleh Barcelona. Setelah mendapat hasil kurang optimal di babak perempat final Liga Champions melawan Atletico Madrid, kini Barca mendapat hukuman dari FIFA. Tak ada kaitannya dengan laga versus Atletico, namun karena Barca dianggap melakukan pelanggaran dalam hal transfer pemain dibawah umur. Atas hal itu, Komisi Disiplin FIFA menghukum Barcelona tak boleh aktif di bursa transfer hingga musim panas 2015.

Barca ditengarai telah melakukan pelanggaran terkait transfer dan registrasi pemain yang masih berusia dibawah 18 tahun. Karena pada dasarnya, seorang pemain baru dapat dimasukkan dalam transfer ketika sudah berusia 18 tahun, kecuali jika FIFA memberi pengecualian tertentu dalam peraturan tersebut.

FIFA yang menggunakan TMS (Transfer Matching System) menemukan bahwa Barca telah melakukan pelanggaran tersebut (juga melibatkan pemain dibawah umur itu) dalam kompetisi dalam periode 2009 hingga 2013.

“Barcelona terbukti melanggar pasal 19 dalam kaitannya dengan transfer 10 pemain dibawah umur dan juga beberapa pelanggara lain dalam kaitannya dengan pemain lainnya,” bunyi pernyataan dari FIFA.

“Komite Disiplin menganggap itu adalah pelanggaran serius dan memutuskan memberi sanksi pada Barcelona dengan larangan aktif di bursa transfer pada tingkat nasional maupun internasional selama dua periode berturut-turut. Barcelona juga didenda sebesar 450.000 franc Swiss. Barcelona diberi waktu selama 90 hari untuk menyelesaikan masalah 10 pemain dibawah umur tersebut.”

Selain itu, Komite Disiplin FIFA juga memberi sanksi pada RFEF atau PSSI-nya Spanyol dengan denda sebesar 500.000 Franc Swiss. FIFA meminta RFEF untuk membenahi peraturan perihal transfer untuk pemain dibawah umur.

Dengan keluarnya sanksi tersebut, maka transfer Alen Halilovic pun menjadi diragukan. Maklum, Halilovic juga berstatus sebagai pemain yang belum genap berusia 18 tahun yang telah resmi dibeli Barcelona, namun baru akan datang pada musim panas nanti.

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...