Home / Bola / Barcelona Pakai Kostum Catalan Saat Lawan Athletic Bilbao

Barcelona Pakai Kostum Catalan Saat Lawan Athletic Bilbao

Messi Catalan

LFP, Athletic Bilbao, dan wasit akhirnya memberikan izin bagi Barcelona untuk memakai jersey Catalan mereka dalam pertandingan Barcelona vs Athletic Bilbao nanti malam. Itu artinya, tak akan ada jersey biru-merah yang selama ini dipakai Barcelona ketika main di Stadion Camp Nou, dan akan berganti jersey Catalan berwarna kuning-merah.

Jersey ‘senyera’ tersebut sebenarnya adalah jersey away Barcelona musim lalu. Akan tetapi karena berstatus jersey away, Barcelona belum pernah memakainya di kandang sendiri saat bermain di Liga Spanyol, Liga Champions, maupun Copa del Rey musim lalu.

Dan untuk pertandingan nanti, upaya Barcelona untuk memakai jersey tersebut di kandang sendiri akhirnya mendapatkan izin. Sementara Bilbao tetap akan memakai jersey away yang mereka miliki.

Tentunya Barcelona tidak akan memohon pada LFP untuk memakai jersey Catalan itu jika tidak ada sebab khusus. Momen ini dirasa pas bagi kubu Barcelona karena pada tanggal 11 September 2014 kemarin, Catalan merayakan Hari Nasional mereka yang pertama kalinya dirayakan pada 1886. Pada hari perayaan kemarin pun beberapa pemain Barcelona juga ikut merayakannya di pusat kota.

Catalan memang masuk dalam bagian negara Spanyol, namun sudah sejak lama mereka menyatakan ingin merdeka dan melepaskan diri dari Spanyol. Sampai sekarang pun rakyat Catalan juga masih sering menyuarakan keinginan yang sudah ada sejak jaman nenek moyang mereka.

Uniknya meski seolah tidak mengakui sebagai orang Spanyol, warga Catalan mendapati para pemain terbaik mereka bermain bagi Timnas Spanyol. Sebut saja seperti Carles Puyol, Gerard Pique, Jordi Alba, Xavi Hernandez, Sergio Busquets, dan Victor Valdes yang menjadi anggota Timnas Spanyol dan berperan dalam kejayaan La Furia Roja dalam beberapa tahun terakhir.

Selain nama-nama diatas, Catalan juga masih punya banyak pebola hebat seperti Bojan Krkic (Stoke City), Kiko Casilla (Espanyol), Cristian Tello (Porto), Victor Sanchez (Espanyol), Martin Montoya (Barcelona), Joan Capdevila (Espanyol), Pepe Reina (Bayern Munchen), dan masih banyak lainnya.

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...