Home / Bola / Barcelona Ternyata Tim Paling Rugi dalam La Liga

Barcelona Ternyata Tim Paling Rugi dalam La Liga

barcelona_f_c-t2

Nama besar klub, dengan menjual dan membeli pemain bintang, tidak menjamin kalau klub tersebut tidak mengalami kerugian.

Mungkin hal ini yang melanda sejumlah klub La Liga dimana mengalami kerugian. Dari tim yang ikut dalam La Liga, ternyata Barcelona menjadi tim paling mengalami kerugian dari seluruh kontestan La Liga.

Transfermarkt seperti dilansir As, diliris sebuah neraca keuangan klub-klub La Liga dalam lima tahun terakhir. Hasilnya, ternyata ada lima tim asal Negeri Matador dengan neraca keuangan tidak berimbang antara pembelian dan penjualan.

Adalah Barcelona menempati urutan pertama, kemudian ikuti Real Madrid berada di posisi kedua.

Barca mengalami defisit hingga menyentuh angka 243 juta euro (Rp 3,5 triliun) dalam lima musim belakangan. Bahkan, di tiap-tiap tahun tersebut, neraca mereka selalu rugi. Puncaknya adalah terjadi pada tahun lalu (defisit 85 juta euro), dimana Investasi besar dalam meminang Neymar dan Luis Suárez membuat keseimbangan dana Los Cules goyah.

Sementara Real Madrid menunjukkan defisit sebesar 164 juta euro. Sejak edisi 2011-12, Los Merengues belum mampu meraih surplus, meskipun dalam musim 2012-13 terjadi keseimbangan antara penjualan dan pembelian.

Setelah Madrid, posisi berikutnya adalah Valencia (defisit 65 juta euro), Real Betis (defisit 7 juta euro), dan Deportivo La Coruña (defisit 1 juta euro).

Satu hal yang membedakan antara Madrid dengan Barcelona adalah pos penjualan pemain. Madrid melepas Ángel Di María (75 juta euro), Mesut Oezil (45 juta euro), dan Gonzalo Higuain (37 euro). Dengan penjualan yang mereka lakukan, ini sangat membantu setiap pengeluaran selangit Madrid.

 

 

 

 

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...