Home / Bola / Bastian Schweinsteiger Masuk, MU Hentikan Perburuan Gelandang?

Bastian Schweinsteiger Masuk, MU Hentikan Perburuan Gelandang?

Schweinsteiger

Manchester United telah berhasil mengamankan Bastian Schweinsteiger dari Bayern Munchen pada bursa transfer pemain kali ini. Satu pertanyaan menarik yang muncul pasca keberhasilan United menggandeng Schweinsteiger adalah apakah mereka masih akan mencari gelandang baru lagi sebelum pasar transfer ditutup?

Sejak awal United terus berburu gelandang, terutama di posisi gelandang bertahan, untuk melapis Michael Carrick. Louis van Gaal sendiri pernah menyatakan bahwa United tidak bisa terus menerus mengandalkan Carrick musim depan yang sudah terbentur dengan usianya yang semakin menua.

Sementara di daftar pemain yang ada sebelumnya, masih ada beberapa nama gelandang yang bisa dimainkan bersama atau menggantikan Carrick seperti Ander Herrera dan Daley Blind yang kerap difungsikan untuk menambal sektor bek kiri akibat musim lalu sering ditinggal penghuninya karena cedera seperti Luke Shaw dan Marcos Rojo.

Komposisi gelandang bertahan atau gelandang tengah seperti itu jelas tidak memuaskan Van Gaal. Maka, sedari awal United memang terus dikaitkan dengan sejumlah nama-nama beken. Satu nama yang sempat diinginkan Van Gaal adalah Ilkay Gundogan, gelandang Borussia Dortmund yang akhirnya memilih memperpanjang kontrak disana.

Satu nama lagi adalah Morgan Schneiderlin. Masih berusia muda, pemain asal Prancis itu dipandang sebagai pengganti yang pas bagi seorang Carrick. Namun seperti yang diucapkan Ronald Koeman, manajer Southampton, United langsung kabur ketika tawaran pertama mereka ditolak mentah-mentah oleh Southampton.

Bisa jadi kaburnya United tersebut adalah karena mereka lebih fokus mengejar Schweinsteiger. Secara usia, gelandang Timnas Jerman itu memang tidak menguntungkan karena sudah berumur 30 tahun. Artinya, Schweinsteiger tidak bisa dijadikan program jangka panjang di United.

Namun secara pengalaman ia jelas bisa sangat diandalkan. Schweinsteiger sudah meraih banyak gelar bergengsi seperti Liga Jerman dan Liga Champions bersama Bayern Munchen dan tahun lalu menggondol trofi Piala Dunia bersama Jerman.

Musim depan United akan bermain lagi di Liga Champions, meski harus lewat babak play-off. Artinya, mereka butuh skuat yang gemuk karena harus main di empat ajang berbeda. Dan akan menarik untuk menanti apakah Van Gaal sudah puas dengan komposisi gelandang bertahannya saat ini mengingat sektor itu sangat krusial jika melihat lini belakang yang keropos.

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...