Home / Gaya Hidup / Batu Akik Red Rafflesia Bengkulu Diburu, Batu Akik Lavender Muncul di Gunung Sukoharjo

Batu Akik Red Rafflesia Bengkulu Diburu, Batu Akik Lavender Muncul di Gunung Sukoharjo

Batu Akik Lavender Muncul di Gunung Bapang Sukoharjo

Batu Akik Red Rafflesia Bengkulu Diburu, Batu Akik Lavender Muncul di Gunung Bapang Sukoharjo. Demam batu akik di masyarakat rupanya cukup berdampak pada lingkungan. Pasalnya batu akik lavender yang konon terdapat di kawasan Gunung Bapang Sukoharjo, tak luput dari buruan warga. Tak heran banyak warga yang datang dan main bongkar kawasan hijau itu.

Warga seolah tak peduli kerusakan lingkungan, karena harga batu akik lavender yang merangkak naik menjadi alasan.Menurut seorang penambang yang berhasil diwawancarai pada Senin (30/3/2015), pembeli datang sendiri menghampiri mereka. Alhasil ia dan kawan-kawannya tak perlu susah untuk memasarkannya.

Para pembeli akan datang ke kampung mereka. Harganya cukup murah untuk ukuran batu mulia. Bongkahan batu seukuran 10 kg bahan batu lavender ‘hanya’ dijual Rp 750 ribu, ukuran 30 kg dijual Rp 1,5 juta. Sementara bongkahan besar seberat 1 kuintal ‘hanya’ dijual Rp 5 juta.

Batu Akik Red Rafflesia Bengkulu Diburu Kaum Hawa

Di lain pihak pameran batu akik yang digelar Asosiasi Batu Mulia Bengkulu di salah satu mal di Kota Bengkulu akhir pekan lalu, terlihat dipadati oleh kaum hawa. Animo perempuan cukup tinggi, paling banyak mencari jenis rafflesia merah. Jenis batu yang diminati kaum hawa biasanya jenis rafflesia merah pekat dengan ukuran yang relatif kecil.

Namun ada juga sejumlah kaum hawa, terutama ibu-ibu yang membeli batu cincin ukuran besar. Selain jenis rafflesia merah atau “red rafflesia”, jenis akik lainnya yang diminati kaum perempuan adalah batu jenis chalcedony berwarna pink asal Kabupaten Lebong Bengkulu. Warna batu yang merah muda bercampur putih menjadi salah satu jenis akik yang mulai naik daun.

Baca Juga

Tips Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak “Prengus”

Hari Kamis (24/9) umat muslim di tanah air akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau ...