Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Begini Gejala Alergi Makanan Pada Tubuh

Begini Gejala Alergi Makanan Pada Tubuh

alergi makanan

Alergi adalah masalah yang mungkin hampir setiap orang pernah merasakannya. Penyebab alergi sangat banyak mulai dari debu, serbuk sari, bau, cahaya, hingga makanan. Tidak semua makanan dengan mudah bisa lancar dicerna tubuh. Beberapa dari mereka memiliki zat  yang dianggap oleh musuh oleh sistem kekebalan tubuh sehingga kadang menimbulkan reaksi alergi.

Memahami reaksi alergi sangat penting. Alergi parah yang dibiarkan tanpa penangangan bisa menimbulkan risiko kematian. Asma, contohnya, kerap dipicu oleh asap atau debu yang membuat penderita sesak napas akibat terjadinya peradangan saluran napas.  Oleh sebab itu, kenali berbagai tanda alergi makanan berikut ini sebagai bentuk kewaspadaan:

  1. Intoleransi laktosa. Ini adalah alergi yang sering muncul karena tubuh tidak bisa menoleransi laktosa pada susu. Tubuh tidak mampu mencernanya. Laktosa ada dalam susu maupun produk turunannya seperti yoghurt dan keju. Gejalanya muncul diare dan sakit perut setelah mengonsumsi susu atau produk olahannya.
  2. Muncul gas berlebih pada perut yang mengakibatkan perut kram dan kembung. Gas ini muncul karena perut bereaksi berlebihan  terhadap makanan pemicu asam lambung. Wajarnya gas ini muncul dalam jumlah normal. Namun ketika alergi terjadi peningkatan gas secara tidak terkontrol.
  3. Merasa mual, muntah, dan mengalami diare. Ini reaksi alami tubuh untuk melakukan penolakan terhadap makanan yang membuat alergi. Makanan menimbulkan gangguan pencernaan atau ketidakmampuan sistem cerna untuk memroses protein kompleks yang masuk tubuh. Reaksi alergi ini bisa ringan sampai berat.
  4. Kulit mendadak gatal. Ini adalah bentuk alergi kulit. Saat Anda makan sesuatu lalu tidak lama kemudian muncul rasa gatal hingga ruam, kemungkinan makanan tersebut menimbulkan alergi.Makanan penyebab alergi gagal diproses sempurna di sistem pencernaan dan alergennya masuk ke dalam darah
  5. Terjadi kontaminasi pada darah. Alergen yang masuk ke pembuluh darah menyebabkan beberapa efek samping. Misalnya pusing, tubuh merasa lemas, detak jantung cepat, dan muncul anafilaksis atau penurunan tekanan darah secara cepat. Hal lain yang muncul antara lain perut tidak nyaman dan kesemutan di mulut atau tenggorokan.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...