Home / Headline / Benahi Transportasi Ibukota, Ahok Bilang : Saya Mau Beri Orang Jakarta Naik Bus Murah

Benahi Transportasi Ibukota, Ahok Bilang : Saya Mau Beri Orang Jakarta Naik Bus Murah

ahok-gubernur

 

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan terus membenahi moda transportasi di Ibu Kota. Tahun ini Ahok menargetkan seluruh bus terintegrasi dengan jalur TransJakarta. Bus-bus sedang dan kecil juga disiapkan sebagai pengumpan (feeder) TransJakarta.

Tujuannya, menurut Ahok, ia ingin memaksa semua pengusaha bus di DKI menerapkan tarif berdasarkan rupiah per kilometer. Dengan cara seperti ini maka akan memudahkan masyarakat Jakarta pengguna transportasi ketika terjadi fluktuasi harga minyak. Mereka tak lagi pusing dengan naik turunya ongkos transportasi.

“Nah, ini juga akan memudahkan orang Jakarta. Harga minyak naik atau turun subsidi saya jelas. Saya mau berikan uang untuk (warga) DKI bukan untuk beli motor bunga murah, atau bensin murah, atau parkir murah. Saya mau berikan orang Jakarta naik busnya murah,” tutur Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Senin (4/1).

Subsidi transportasi tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Jakarta, tetapi juga warga Tangerang dan Bekasi dengan adanya bus Angkutan Penghubung Terintegrasi Busway (APTB). Kelak Ahok juga akan memperluas jangkauan APTB untuk melayani warga Bogor, Tangerang, Depok yang bekerja di Jakarta.

Menurut Ahok dengan melakukan pembenahan moda transportasi supaya masyarakat mau beralih ke kendaraan umum. APTB disiapkan agar warga luar Jakarta tak lagi memakai kendaraan bermotor pribadi ke Ibu Kota.

Tetapi kalau cara itu juga tak manjur, Ahok menawarkan, semua pegawai di Jakarta membuka rekening di Bank DKI. Rekening itu disamping dapat digunakan untuk pembayaran gaji, juga bisa dimanfaatkan untuk naik APTB gratis.

“Coba kalau hanya bayar Rp 3.500 per orang dari Tangerang ke Jakarta tanpa APTB, kira-kira naik motor atau bus? Pasti naik bus. Kalau masih nekat juga saya tawarkan Anda buka rekening Bank DKI, gaji anda diterima di Bank DKI, Anda bebas naik bus seluruh Jakarta-Tangerang, Bekasi mana saja,” jelas Ahok.
 

Baca Juga

Kapal Riset Megah dari Prancis Mampir ke Jakarta

Jakarta – Kapal riset Marion Dufresne untuk pertama kalinya berada di Jakarta. Kapal yang peruntukannya ...