Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Benarkah Foto ‘Prewedding’ dilarang Agama? Quraish Shihab pun Menjawabnya

Benarkah Foto ‘Prewedding’ dilarang Agama? Quraish Shihab pun Menjawabnya

praweding

Setiap pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan pastinya melakukan berbagai persiapan, satu diantaranya prewedding? Lalu bagaimana hukumnya bagi umat Islam yang melakukan prewedding, apakah memang dilarang atau diperbolehkan?

Beberapa waktu lalu, Metro TV seperti biasa menayangkan salah satu acaranya ‘Tafsir Al Misbah’. Dalam tayangan edisi Kamis (25/6) silam, acara yang diasuh Prof Quraish Shihab menghadirkan narasumber tiga anggota komunitas Belajar Fotografi (Jari).

Acara yang dipandu Irgi A Fahrezi tersebut, dalam sesi terakhir, salah satu anggota Jari bertanya tentang hukum foto ‘prewedding’.

Mengapa sang fotografer perlu menanyakan hal itu? Karena lantaran ada pihak yang menganggap hal itu tidak boleh dilakukan.

Quraish Shihab kemudian memberikan jawaban yang mungkin bisa menjadi pembelajaran bagi para pasangan terutama umat Islam yang akan menikah.

Menurut Quraish, bolehkah laki-laki dan perempuan, meski belum menjadi suami istri saling peluk-pelukan?

Kemudian Quraish pun mempertanyakan, mengapa para fotografer tidak mengarahkan calon suami istri itu foto hanya duduk-duduk yang disaksikan orang lain.

Dirinya mengingatkan, walaupun seseorang akan menikah, tetap harus memperhatikan aturan dalam Islam.

Sang penanya mengaku, sudah mengingatkan calon suami istri terkait foto prewed yang mungkin tak diperbolehkan agama, Quraish menimpali, “Jangan mau mengikuti orang yang meminta Anda melakukan pelanggaran.”

Untuk itu Quraish menekankan, yang menjadi persoalan bukan pada foto prewed-nya. Melainkan, pose kedua insan, yang statusnya di mata agama masih belum resmi menjadi suami istri. Sehingga, dua insan berlainan jenis tetap harus menjaga diri.

Oleh karena itu, Mantan menteri agama (Menag) itu menyarankan, agar fotografer lebih baik memotret tentang kesedihan saja. Pasalnya, foto tersebut nanti bisa menggugah jiwa orang yang melihatnya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...