Home / DUNIA SEKS 18+ / Artikel / Benarkah Sperma Pria 40 Tahun ke Atas dianggap Kurang Berkualitas? Ini Penjelasannya

Benarkah Sperma Pria 40 Tahun ke Atas dianggap Kurang Berkualitas? Ini Penjelasannya

sperma 2

Seiring perjalanan waktu, usia manusia juga bertambah. Hal ini juga akan mempengaruhi kondisi dari seseorang.

Nah, tahukah kita kalau setiap sperma laki-laki pada umumnya berkualitas, namun ternyata ada sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi.

Salah satu teori yang dikembangkan oleh iluwan dari University of Otago bahwa pria berusia 35 tahun ke atas, kualitas spermanya kurang berkualitas bila dibanding pria yang masih berumur 20 tahun-an.

Seperti dilansir dari laman Newser, beberapa waktu lalu,  peneliti me-review 90 studi dari lebih dari 30 negara untuk melihat hubungan antara usia dan kualitas sperma termasuk di dalamnya kemampuan sperma.

Ternyata didapat hasil, seperti diterbitkan Science Daily, peneliti menemukan bahwa pasangan menikah yang menunda kehamilan cenderung memiliki masalah keturunan karena kualitas sperma yang semakin menurun.

“Meskipun kesuburan juga berpengaruh pada usia wanita namun pengaruh usia pada laki-laki sering diabaikan,” ungkap penulis utama studi, Sheri Johnson.

Ditambahkan oleh Johnson bahwa studi telah menemukan penurunan yang konsisten untuk sifat sperma tertentu setelah pria memasuki usia 35 atau 40. Para penulis mengatakan, penting bagi pasangan untuk mempertimbangkan penuaan sperma untuk mencegah prosedur bayi tabung yang tidak perlu.

Untuk itu ia menyarankan bagi pasangan untuk tidak menunda kehamilan mengingat risiko komplikasi kelahiran, keguguran, dan risiko pada anak seperti down syndrome, autisme, dan skizofrenia bisa lebih tinggi karena faktor usia.

 

 

 

 

Baca Juga

Ingat, Agustus-September 2018 Sudah Ada Capres-Cawapres

Jakarta – Presiden Joko Widodo menghadiri kegiatan Rembuk Nasional 2017. Di hadapan peserta acara itu, ...