Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Artikel Kesehatan / Benjolan di Bibir Vagina Bisa Disebabkan Kista Bartholin, Apa Itu?

Benjolan di Bibir Vagina Bisa Disebabkan Kista Bartholin, Apa Itu?

Benjolan di bibir vagina bawah yang nyeri dapat disebabkan oleh kista bartholin.

Benjolan di Bibir Vagina Bisa Disebabkan Kista Bartholin, Apa Itu

Menurut informasi yang dikutip dari berbagai sumber, kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk membasahi/melumasi vagina.

Kelenjar bartholin dapat terinfeksi dan jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina.

Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses. Kista bartholin umum terjadi pada wanita usia 20-29 tahun terutama mereka yang belum pernah hamil atau baru hamil sekali.

Kista tersebut tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan nyeri dan membuat jalan menjadi lebih sulit karena dapat terus membesar hingga ukurannya menjadi sebesar telur. Penanganannya bergantung dari ukuran kista, ada tidaknya infeksi, nyeri atau tidaknya.

Kista kecil dapat direndam di air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya atau dokter dapat memasang selang kecil/ kateter untuk mengeluarkan cairan dari kista.

Namun bagi yang mengalami gejala nyeri pada vagina, alangkah baiknya mengunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk pemeriksaan fisik mendetil dan penanganan yang optimal.

Jika hanya bartholinitis (radang/infeksi kelenjar bartholin), maka penanganannya dapat menggunakan antibiotik sesuai dengan resep dokter. Namun jika itu adalah kista, perlu dilakukan tindakan bedah untuk penanganannya.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...