Home / Berita / Nasional / Berani Lawan China, Media Filipina Puji Jokowi!

Berani Lawan China, Media Filipina Puji Jokowi!

Media Filipina membuat karikatur Jokowi melawan Naga China

Berani Lawan China, Media Filipina Puji Jokowi!

Rupanya media Filipina sangat mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang berani melawan China. Menanggapi hal itu menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengatakan jika Jokowi merupakan kepala negara yang paling menunjukkan sikap tegas.

Hal itu ditunjukkan lewat kunjungan langsung Jokowi dan sejumlah menteri anggota Kabinet Kerja ke wilayah perairan Kabupaten Natuna, yang merupakan salah satu kawasan terluar Indonesia pada Kamis 23 Juni 2016. Perairan ini berbatasan langsung dengan Laut China Selatan.

“Itu menunjukkan kehadiran dan keteguhan pemerintah terhadap kedaulatan Indonesia” ungkap Luhut Binsar, Minggu, 26 Juni 2016.

Alhasil Luhut menilai wajar jika media Filipina, salah satu negara yang wilayah perairannya juga berbatasan langsung dengan Laut China Selatan memuji langkah Jokowi. The Manila Times pada Sabtu (25/6/16) merilis karikatur yang memperlihatkan Jokowi melawan China yang diilustrasikan dengan naga.

The Manila Times membandingkan langkah Jokowi dengan langkah Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Luhut menekankan meski menunjukkan sikap yang tegas terkait wilayah perbatasan, pemerintah Indonesia secara bilateral tetap menjaga hubungan yang baik dengan Tiongkok.

“Kita memelihara hubungan baik dengan siapa saja. Itu menjadi keniscayaan” pungkas Luhut Binsar.

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...